Kejutan! Bahrain Kalahkan Australia di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Kejutan! Bahrain Kalahkan Australia di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Berita Utama | balikpapan.inews.id | Kamis, 5 September 2024 - 20:37
share

GOLD COAST, iNewsBalikpapan.id - Kabar mengejutkan datang dari Gold Coast, Australia, di mana Timnas Bahrain berhasil mengalahkan tuan rumah Australia dengan skor 1-0 pada matchday pertama putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Pertandingan yang berlangsung di Robina Stadium pada Kamis malam (5/9/2024) ini menjadi kemenangan tak terduga bagi Bahrain, yang berhasil mencetak gol dan menahan serangan-serangan Australia di hadapan pendukungnya sendiri.

Timnas Australia mengawali babak pertama dengan permainan agresif. Tim berjuluk Socceroos itu bermain dengan skema 4-4-2 mengandalkan Aiden O’Neill dan Jackson Irvine sebagai motor serangannya.

Tidak hanya permainan dengan tempo cepat, Timnas Australia juga mengandalkan tendangan spekulatif untuk mencari keunggulan. Namun, serangan masif belum cukup untuk membobol Timnas Bahrain.

Dilmun’s Warriors – julukan Timnas Bahrain – mampu bermain solid dan mengandalkan serangan balik untuk melawan. Tidak jarang, serangan balik cepat ini merepotkan lini pertahanan Timnas Australia.

Memasuki menit-menit akhir babak pertama, Timnas Australia yang bermain dominan masih belum bisa mencetak gol. Pada akhirnya, tidak ada gol yang tercipta bagi kedua tim hingga pertandingan paruh pertama dinyatakan usai.

Berlanjut pada babak kedua, Timnas Australia kembali tampil menggebrak sejak awal pertandingan. Mereka kini bermain dengan tempo yang lebih cepat untuk meruntuhkan pertahanan Dilmun’s Warriors.

Walau demikian, Timnas Bahrain terpantau bermain lebih berani dengan garis pertahanan yang lebih tinggi. Pasukan Dragan Talajic menekan satu pemain Australia dengan dua sampai tiga pemain langsung.

 

Pada menit ke-77, Timnas Australia harus kehilangan Kusini Yengi karena melakukan pelanggaran keras. Yengi harus menyelesaikan pertandingan lebih awal lantaran mendapatkan kartu merah langsung dari wasit.

Menit-menit akhir menjadi petaka bagi Timnas Australia. Socceroos yang keasyikan menyerang justru harus kebobolan lewat serangan balik cepat. Harry Souttar (89’) melakukan gol bunuh diri usai salah mengantisipasi tendangan lawan.

Pada akhirnya, Timnas Australia yang berupaya menyamakan kedudukan tak bisa berbuat banyak. Timnas Bahrain berhasil mengalahkan Australia 1-0 di laga pertama Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Susunan Pemain 
Australia XI (4-4-2)
Matt Ryan; Alessandro Circati, Harry Souttar, Kye Rowles, Aziz Behich; Martin Boyle, Jackson Irvine, Aiden O'Neill, Connor Metcalfe; Kusini Yengi, Craig Goodwin.
Pelatih: Graham Arnold

Bahrain XI (4-4-2)
Ebrahim Lutfalla; Amine Benaddi, Sayed Baqer, Vincent Ani Emmanuel, Abdulla Al Khalasi; Abbas Al-Asfoor, Mohamed Marhoon, Ali Haram, Kamil Al-Aswad; Ali Madan, Mahdi Al-Jabar.
Pelatih: Dragan Talajic

Topik Menarik