Paus Fransiskus Kagumi Kekayaan Indonesia : Semoga Allah Melestarikan Anugerah Ini

Paus Fransiskus Kagumi Kekayaan Indonesia : Semoga Allah Melestarikan Anugerah Ini

Berita Utama | okezone | Kamis, 5 September 2024 - 14:30
share

JAKARTA - Pemimpin Tertinggi Geraja Katolik Sedunia Paus Fransiskus kagum dengan Indonesia yang punya kekayaan budaya, keberagaman, hingga tambang emas terbesar di dunia. Kepala Negara Vatikan mendoakan semoga Allah memberkahi dan melestarikan anugerah dimiliki Bumi Pertiwi.

Menurut Paus, Indonesia sebagai negara besar dengan mosaik budaya, suku bangsa, adat istiadat, keberagaman yang sangat kaya. Ini tercermin pula dalam keanekaragaman ekosistem dan lingkungan sekitarnya. Paus berpesan agar kekayaan dimiliki Indonesia tidak menjadi sumber pertikaian. 

"Jika benar kalian adalah tuan rumah tambang emas terbesar di dunia, ketahuilah bahwa harta yang paling berharga adalah kemauan agar perbedaan tidak menjadi alasan untuk bertikai, tetapi diselaraskan dalam kerukunan dan rasa saling menghormati," kata Paus dalam pertemuan dengan para tokoh lintas agama di Indonesia di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Kamis (5/9/2024).

Paus berharap Indonesia tidak menyia-nyiakan kekayaan alamnya. Artinya harus mampu mengembangkan untuk kesejahteraan rakyat dan mewariskan kepada generasi muda.

 

"Semoga tidak ada seorang pun yang terjerumus dalam pesona fundamentalisme dan kekerasan, semoga semua orang justru terpesona oleh impian sebuah masyarakat dan kemanusiaan yang bebas, bersaudara, dan damai!" kata dia.

Terakhir dia mengucapkan terima kasih atas sambutan yang luar biasa dengan senyum ramah dan  yang selalu terpancar di wajah warga Indonesia. Menurutnya hal itu merupakan tanda kecantikan dan keterbukaan batin dari masyarakat Indonesia. 

"Semoga Allah melestarikan anugerah ini dengan pertolongan dan berkat-Nya, maju terus, Bhinneka Tunggal Ika, berbeda-beda tetapi tetap satu,"tuturnya.
 

Topik Menarik