Cara Menangani Anak Step di Rumah, Jangan Sampai Gak Tahu!

Cara Menangani Anak Step di Rumah, Jangan Sampai Gak Tahu!

Berita Utama | okezone | Selasa, 3 September 2024 - 00:15
share

CARA Menangani Anak Step di Rumah , akan dibahas di artikel ini dan merupakan informasi penting untuk diketahui para orang tua.

Kejang demam, juga dikenal sebagai step adalah jenis kejang yang dialami oleh sebagian anak-anak saat demam. Kondisi ini umumnya menyerang anak-anak berusia 6 bulan hingga 5 tahun, terutama pada balita berusia 12 hingga 18 bulan.

Kejang demam biasanya muncul pada hari pertama demam, ketika suhu tubuh anak melebihi 38 derajat Celcius. Sebagian besar kejang demam berhenti dengan sendirinya dalam beberapa menit dan tidak menimbulkan masalah kesehatan lain.

Cara Menangani Anak Step di Rumah (Foto: Freepik)

Kemudian, langkah apa yang harus orang tua lakukan jika anak mengalami step? Melansir Kids Health, Selasa (3/9/2024) disebutkan langkah pertama yang dilakukan saat anak step di rumah adalah, orang tua harus tetap tenang agar bisa mengendalikan situasi. Selanjutnya, letakkan anak dengan hati-hati di lantai atau bidang datar dan jauhkan semua benda yang berisiko di sekitarnya.

Cara Menangani Anak Step di Rumah (Foto: Freepik)

Kemudian posisikan anak pada sisi tubuhnya untuk mencegah tersedak, longgarkan pakaian di area kepala dan leher. Setelah itu, orang tua harus cermat mengamati tanda-tanda masalah pernapasan, seperti wajah yang berubah kebiruan.

Selama step terjadi, ayah atau ibu wajib mencatat durasi kejang yang terjadi. Setelah kejang berakhir, segera hubungi dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Topik Menarik