Terdengar Suara Misterius dari Speaker Starliner Jelang Balik ke Bumi, Begini Penjelasannya

Terdengar Suara Misterius dari Speaker Starliner Jelang Balik ke Bumi, Begini Penjelasannya

Berita Utama | balikpapan.inews.id | Senin, 2 September 2024 - 18:20
share

JAKARTA, iNewsBalikpapan.id - Pesawat luar angkasa Starliner yang dijadwalkan untuk undock dari International Space Station (ISS) dan kembali ke Bumi dalam beberapa hari mendatang tampaknya menghadapi situasi yang tak terduga. Pada Sabtu lalu, astronot Butch Wilmore melaporkan kepada Mission Control NASA tentang adanya suara aneh dan misterius yang tidak dapat dijelaskan, yang berasal dari speaker di dalam pesawat luar angkasa tersebut.

Klip suara aneh ini bahkan telah dibagikan di forum NASA Spaceflight oleh ahli meteorologi Rob Dale. Situasi ini menambah ketegangan menjelang kepulangan Starliner ke Bumi.

"Saya tidak tahu apa yang membuatnya," kata Wilmore.

Setelah mengkonfirmasi mereka juga bisa mendengar suara itu, begitu Wilmore membawa mikrofonnya ke speaker, pengontrol penerbangan di Houston berkata itu seperti suara berdenyut, hampir seperti ping sonar. Wilmore kemudianmembiarkannya selama sekitar 20 detik lebih sebelum menyelesaikan panggilan.

"Hanya untuk memastikan saya berada di hal yang sama, ini berasal dari speaker di Starliner. Anda tidak memerhatikan hal lain, suara lain, konfigurasi aneh di sana?" tanya Mission Control. Kemudian astronot mencatat segala sesuatu tampak normal.

Sayangnya, masih belum jelas apa yang menyebabkan suara itu. Pesawat luar angkasa Boeing telah merapat dengan ISS sejak awal Juni, dan para insinyur sejak itu dihadapkan sejumlah masalah selama penerbangan awak pertama.

Saat Starliner akhirnya kembali ke Bumi pada 6 September, pesawat akan meninggalkan krunya - Wilmore dan astronot NASA Suni Williams di ISS, di mana mereka akan terus bekerja selama beberapa bulan ke depan, menunggu perjalanan pulang dengan SpaceX pada Februari 2025.

Topik Menarik