Putin Tak Hadiri Sidang Umum PBB Tahun Ini, Kremlin: AS Bukan Tuan Rumah yang Baik

Putin Tak Hadiri Sidang Umum PBB Tahun Ini, Kremlin: AS Bukan Tuan Rumah yang Baik

Berita Utama | inews | Minggu, 15 September 2024 - 09:05
share

MOSKOW, iNews.id - Presiden Rusia Vladimir Putin tidak akan menghadiri Sidang Majelis Umum PBB tahun ini di New York, Amerika Serikat (AS). Alasannya Putin merasa AS bukan tuan rumah yang pantas untuk menggelar acara tersebut. 

Juru Bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan Putin tidak berencana terbang ke New York. 

"Dia belum pernah ke sana dalam beberapa tahun terakhir. AS adalah negara yang tidak menjalankan kewajibannya sebagai tuan rumah markas besar PBB dengan cara terbaik. Jadi, mungkin itu bukan tempat terbaik untuk dikunjungi saat ini," kata Peskov, dikutip dari RT.

Putin terakhir kali hadir langsung untuk menyampaikan pidato di Sidang Majelis Umum PBB pada 2015. Kemudian pada 2020, dia menyampaikan pidato melalui video yang direkam sebelumnya.

Setelah perang di Ukraina pada Februari 2022, AS menjatuhkan sanksi kepada sejumlah pejabat tinggi Rusia, termasuk Putin dan Menteri Luar Negeri (Menlu) Sergei Lavrov. Meski demikian berdasarkan perjanjian tahun 1947 antara AS dan PBB, Negeri Paman Sam berkewajiban memberikan kekebalan dan akses tanpa hambatan kepada para diplomat dan kepala negara atau pemerintahan untuk hadir di markas besar PBB.

Oleh karena itu, dalam sidang tahunan kali ini delegasi Rusia akan dipimpin oleh Lavrov.

Sidang Majelis Umum PBB tahun ini akan dimulai pada Selasa (10/9/2024) waktu New York dan berlangsung hingga 30 September. Biasanya sidang diakhiri dengan penampilan pejabat tinggi selama seminggu yakni antara 23 hingga 27 September. 

Pada saat itu para kepala negara dan pemerintahan akan menyampaikan pidato, termasuk Presiden AS Joe Biden, Perdana Menteri Inggris Keir Starmer, dan Presiden Prancis Emmanuel Macron yang sudah dijadwalkan akan hadir. 

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky juga dijadwalkan akan hadir dan menyampaikan pidato pada 25 September.

Topik Menarik