Pramugari Sentil Kebiasaan Penumpang Sibuk Main Ponsel di Bandara, Ini Bahayanya!

Pramugari Sentil Kebiasaan Penumpang Sibuk Main Ponsel di Bandara, Ini Bahayanya!

Berita Utama | okezone | Jum'at, 30 Agustus 2024 - 10:48
share

SEORANG pramugari maskapai internasional mengungkap berbagai hal yang mungkin saja jadi penyebab cedera atau penundaan pesawat.

Ia juga menyarankan penumpang agar tetap fokus dan berhati-hati selama berada di bandara maupun pesawat. Sebab, kesalahan kecil saja mungkin saja merugikan seluruh penumpang.

Melansir Business Insider , seorang pramugari dengan nama samaran CiCi, mendokumentasikan langkah-langkah perjalanan yang dipelajarinya melalui platform TikTok dan Instagram dengan nama pengguna @cici.inthesky .

Ia mendorong setiap penumpang yang naik pesawat untuk tetap fokus dan waspada terhadap lingkungan sekitar.

"Jika Anda bermain ponsel atau mendengarkan musik, Anda tidak dapat berkomunikasi dengan orang-orang di sekitar Anda," katanya.

"Dan di situlah saya melihat masalah besar. Saat Anda menaiki pesawat, Anda sedang melakukan suatu tugas dan Anda harus fokus pada tugas itu," tambah CiCi.

Dirinya mengaku kerap melihat penumpang yang secara tidak sengaja menabrak penumpang lain, membenturkan ransel mereka ke penumpang lain, atau menumpahkan botol air ke mereka dan mengenai kepala orang yang sedang duduk.

Akibatnya tentu dapat memungkinkan mendapatkan cedera atau merugikan orang lain. Menurut pramugari tersebut, penumpang yang hanya fokus pada ponselnya bisa saja bisa mengakibatkan penumpukan penumpang pada satu titik sebab tidak membiarkan orang di depannya menyelesaikan kegiatannya menaruh barang.

"Orang-orang tiba di tempat duduk mereka dan menyadari bahwa mereka tidak memiliki tempat untuk tas mereka, jadi mereka harus mundur beberapa baris. Nah, orang yang tidak fokus di belakang mereka mengikuti mereka dengan sangat dekat," jelasnya.

CiCi mendorong para penumpang untuk melepas earphone mereka dan menyimpan ponsel saat naik pesawat. Dia mengatakan hal ini akan membuat naik pesawat lebih cepat dan menciptakan kabin pesawat yang lebih menyenangkan secara keseluruhan.

Dalam beberapa tahun terakhir, CiCi mengatakan ia melihat peningkatan mencolok terhadap penumpang yang tidak fokus. Ia berpendapat bahwa itu adalah cara melawan stres atau kecemasan saat penerbangan.

"Orang-orang akan memakai earphone, mereka akan menarik diri karena mereka stres, mereka cemas, dan mungkin mereka takut terbang," sindirnya.

Lebih lanjut ia mengakui bahwa ini merupakan tantangan wajar yang dihadapi banyak orang. Namun, dia mendorong para penumpang untuk berhenti menarik diri dari keramaian di kabin setidaknya sampai mereka duduk di kursi masing-masing.

CiCi juga berbagi cara lain yang bisa dilakukan penumpang untuk mengatasi stres dan kecemasan mereka. Seperti memilih duduk dekat sayap pesawat, di mana turbulensi udara akan lebih sedikit hingga menggunakan headphone peredam bising selama penerbangan.

Topik Menarik