Gunung Marapi Erupsi Semburkan Lava Pijar, Warga Panik Rumah Dihujani Kerikil

Gunung Marapi Erupsi Semburkan Lava Pijar, Warga Panik Rumah Dihujani Kerikil

Berita Utama | inews | Jum'at, 23 Agustus 2024 - 02:15
share

PADANG, iNews.id - Gunung Marapi di Agam dan Tanah Datar, Sumatera Barat kembali meletus dengan menyemburkan lava pijar, Jumat (23/8/2024) malam pukul 22.27 WIB. Dampak letusan tersebut, rumah warga dihujani abu vulkanik dan kerikil. 

"Telah terjadi erupsi Gunung Marapi, Sumatera Barat pada pukul 22:27 WIB, namun tinggi kolom abu tidak teramati. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 30.3 mm dan durasi  49 detik," tulis petugas Pengamat Gunung Api, Bukittinggi, Jumat (23/8/2024). 

Gunung Marapi yang sudah turun status dari siaga ke waspada, masih tetap aktif menyemburkan abu vulkanik. 

Wali Nagari Bukit Batabuah, Fidaus Putra membenarkan hal tersebut. Di wilayah yang dipimpinnya tersebut hanya radius delapan kilometer dari puncak Gunung Marapi.

"Pada malam ini, Gunung Marapi meletus dengan dahsyat, memuntahkan pijar api yang menyala terang di langit malam. Suara gemuruh yang memekakkan telinga mengiringi letusan tersebut, berlangsung cukup lama," ucapnya. 

Kata Firdaus, warga yang mendengar letusan tersebut, berhamburan keluar rumah, mencari sumber dari suara menggelegar itu. 

"Hanya berselang dua menit setelahnya, terdengar bunyi seperti hujan deras di atas atap-atap rumah. Ternyata, itu adalah abu vulkanik yang turun dengan deras, butiran-butirannya sebesar pasir," katanya.

Kondisi itu, kata Firdaus, menambah kecemasan warga. Meski suasana terasa mencekam, masyarakat tetap waspada, bergerak hati-hati untuk menghindari bahaya lebih lanjut.

"Mereka saling mengingatkan satu sama lain untuk selalu waspada dan mempersiapkan diri menghadapi kemungkinan yang lebih buruk," katanya.

Pascaletusan Gunung Marapi, terjadi gempa bumi sebanyak dua kali.pada pukul 22.27 WIB terjadi gempa magnitude 2,5 di lokasi 0.37 LS,100.38 BT atau 7 kilometer tenggara Bukittinggi dengan kedalaman 21 Kilometer.

Kemudian disusul gempa magnitude 2.3, sekira pukul 22:53:40 WIB, Lok:0.14 LU,100.01 BT atau 10 kilometer tenggara Talu Pasaman Barat dengan kedalaman 117 kilometer. 

Topik Menarik