PAN Dukung Prabowo 3 Kali Pilpres, Jokowi: Layak Dapat Tambahan Kursi Menteri

PAN Dukung Prabowo 3 Kali Pilpres, Jokowi: Layak Dapat Tambahan Kursi Menteri

Berita Utama | inews | Jum'at, 23 Agustus 2024 - 00:45
share

JAKARTA, iNews.id Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan Partai Amanat Nasional (PAN) layak mendapatkan tambahan kursi menteri dalam pemerintahan mendatang yang dipimpin oleh Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. PAN sudah mendukung Prabowo dalam tiga kali Pilpres.

Dalam sambutannya di Kongres ke-6 PAN di Kempinski, Jakarta, Jumat (23/8/2024), Jokowi menyoroti peran penting PAN sebagai salah satu partai yang terus mendukung Prabowo dalam setiap kontestasi pemilihan presiden.

"Di sisi lain, menurut saya, yang namanya estafet keberlanjutan, yang namanya konsistensi keberlanjutan, itu paling pas itu ada di PAN," ujar Jokowi.

Jokowi mengingatkan bahwa PAN telah mendukung Prabowo secara konsisten dalam tiga pemilu berturut-turut.

"Coba kita lihat, keberlanjutan dukungan PAN kepada Pak Prabowo. Mohon ini dicatat Pak Sekjen Gerindra, Pak Muzani. Saya ingat, kita semuanya ingat, sudah tiga kali berurut-turut," katanya.

Jokowi menilai kesetiaan PAN ini seharusnya dihargai dengan penambahan kursi di kabinet Prabowo-Gibran nanti. "Tiga kali berturut-turut dan konsisten, maka untuk kebelanjutan nanti di kabinet, rasa-rasanya sih mestinya PAN ini mesti ditambahin. Mestinya ada tambahan, tiga kali, Pak Muzani, ini tiga kali. Konsisten," ujar Jokowi.

Namun, Jokowi juga menegaskan keputusan akhir terkait penambahan kursi menteri bagi PAN tetap berada di tangan Prabowo Subianto, mengingat hak prerogatif presiden.

"Tambahannya itu terserah Pak Prabowo karena beliau yang memiliki hak prerogatif presiden. Tapi paling enggak saya mengingatkan, sudah mengingatkan," tutur Jokowi.

Topik Menarik