Puluhan Hektare Lahan di Sarolangun Jambi Terbakar Gegara Puntung Rokok

Puluhan Hektare Lahan di Sarolangun Jambi Terbakar Gegara Puntung Rokok

Berita Utama | okezone | Jum'at, 23 Agustus 2024 - 05:10
share

SAROLANGUN - Puluhan hektare lahan semi gambut yang berada di Desa Mentawak Baru kecamatan Air Hitam kabupaten Sarolangun, Jambi, terbakar , Kamis (22/8/2024). Diduga penyebab kebakaran akibat api puntung rokok yang dibuang sembarangan.

Informasi yang dihimpun, terbakarnya lahan kelapa sawit milik warga tersebut diduga akibat seorang pemancing ikan membuang puntung rokok sembarangan, hingga menyebabkan terbakarnya lahan tersebut.

Anggota Koramil Pauh Kodim 0420 Sarko yang dipimpin Danramil Pauh Kapten Husnan Efendi langsung terjun ke lokasi melakukan pemadaman dengan peralatan seadanya.

Bahkan anggota Koramil juga dibantu peralatan milik perusahaan kelapa sawit yang tak jauh dari lokasi kebakaran, namun karena kencangnya angin, kebakaran pun terus meluas hingga lebih dari 20 hektare lebih yang terbakar.

Danramil Pauh Kapten Husnan Efendi saat dihubungi membenarkan jika lahan perkebunan warga Desa Mentawak Baru terbakar. "Ya, saat ini saya sedang di lokasi kebakaran lahan, kita dibantu warga dan juga perusahaan kelapa sawit yang ada di sekitar lokasi melakukan pemadaman api, namun karena kurangnya perlengkapan dan susahnya medan api belum bisa kita jinakkan, kata Husnan.

Dia mengatakan bahwa jika pihaknya masih berupaya memadamkan api, dan berupaya kebakaran tidak meluas. "Saat ini lahan yang sudah terbakar sekitar 20 hektarw lebih, kita berupaya bagaimana kebakaran ini tidak terus meluas," pungkasnya.

Topik Menarik