Taliban Rayakan 3 Tahun Hengkangnya Pasukan AS dari Afghanistan, Pamer Senjata Amerika

Taliban Rayakan 3 Tahun Hengkangnya Pasukan AS dari Afghanistan, Pamer Senjata Amerika

Berita Utama | sindonews | Kamis, 15 Agustus 2024 - 10:33
share

Taliban pada hari Rabu merayakan tiga tahun penarikan pasukan Amerika Serikat (AS) yang kacau dari Afghanistan.

Mereka berparade di bekas pangkalan udara AS dengan memamerkan senjata dan kendaraan Amerika yang telah ditinggalkan.

Lapangan Udara Bagram pernah menjadi pusat perang Amerika untuk menggulingkan Taliban dan memburu militan al-Qaeda yang bertanggung jawab atas serangan 11 September 2001 atau 9/11.

Tentara berseragam berbaris dengan senapan mesin ringan dan berat, dan formasi sepeda motor membawa bendera Taliban. Truk pikap yang penuh sesak dengan pria dari segala usia melaju di jalan-jalan Kabul untuk merayakan pengambilalihan negara tersebut.

Anggota Kabinet Taliban memuji pencapaian itu seperti memperkuat hukum Islam dan membangun sistem militer yang dianggap memberikan "perdamaian dan keamanan".

"Ini adalah Taliban yang memamerkan kemenangan mereka atas kita di depan wajah kita," kesal veteran Angkatan Darat AS Bill Roggio kepada Fox News Digital , Kamis (15/8/2024).

Roggio, seorang peneliti senior di Foundation for Defense of Democracies dan editor Long War Journal , menyebut parade tersebut sebagai bukti kegagalan AS di Afghanistan.

"Upaya pemerintahan [Presiden Joe] Biden untuk segera keluar dari Afghanistan telah menyebabkan Taliban memiliki persenjataan yang dipasok Amerika," kata Roggio.

Keputusan Biden untuk menarik pasukan dari Afghanistan menghadapi reaksi keras global yang meluas setelah pemberontak Taliban merebut kembali negara itu dalam hitungan hari, pada 15 Agustus 2021, 20 tahun setelah mereka digulingkan oleh pasukan pimpinan AS.

Hanya sebulan sebelumnya, Biden memberi tahu orang Amerika bahwa kemungkinan pengambilalihan Taliban "sangat tidak mungkin".

Evakuasi militer, yang membutuhkan ribuan pasukan AS tambahan di lapangan dan kerja sama signifikan dari Taliban untuk menyelesaikannya, berakhir sehari lebih cepat dari batas waktu pada 30 Agustus 2021, meninggalkan ratusan warga AS dan ribuan sekutu Afghanistan, meskipun Presiden Biden berjanji untuk "mengeluarkan mereka semua."

Pada 26 Agustus 2021, selama evakuasi massal militer AS di bandara Kabul, serangan bom bunuh diri menewaskan 183 orang, termasuk 13 anggota angkatan bersenjata AS.

AS membalas dengan meluncurkan dua serangan pesawat nirawak terhadap apa yang mereka anggapa sebagai tersangka ISIS-K. Namun, faktanya serangan itu menewaskan 10 warga sipil Afghanistan, termasuk tujuh anak-anak.

Pidato Taliban ditujukan kepada audiens internasional, mendesak Barat untuk berinteraksi dan bekerja sama dengan para penguasa negara tersebut.

Saat ini, hanya China yang mengakui Taliban sebagai pemerintah Afghanistan yang sah.

"Emirat Islam menghilangkan perbedaan internal dan memperluas cakupan persatuan dan kerja sama di negara ini," kata Wakil Perdana Menteri Maulvi Abdul Kabir pada hari Rabu, menggunakan istilah Taliban untuk menggambarkan pemerintahan mereka.

"Tidak seorang pun akan diizinkan untuk mencampuri urusan dalam negeri, dan tanah Afghanistan tidak akan digunakan untuk melawan negara mana pun."

Roggio menepis pernyataan terakhir itu sebagai hal yang tidak masuk akal, dengan mencatat bahwa Taliban secara konsisten berbohong tentang tidak mengizinkan tanahnya digunakan untuk kegiatan teroris terhadap negara lain.

"Mereka berbohong tentang hal itu sebelum 9/11. Mereka berbohong tentang hal itu saat AS berada di Afghanistan. Mereka melindungi al-Qaeda dan kelompok lain yang mereka dukung hingga hari ini," kata Roggio.

"Yang saya yakini dari mereka adalah keinginan mereka untuk mempertahankan kendali di Afghanistan, untuk menegakkan keinginan mereka, untuk memberlakukan Syariah pada rakyatnya," katanya.

"Anda tidak dapat meragukan mereka dalam hal itu."

Roggio mengatakan parade Taliban pada hari Rabu terutama untuk pencitraan tetapi tetap menunjukkan kemampuan kelompok tersebut.

"Saya tidak berpikir Taliban merupakan ancaman untuk memproyeksikan kekuatan di luar perbatasannya. Namun, peralatan itu tentu berguna untuk memproyeksikan kekuatan di Afghanistan agar tetap berkuasa," katanya.

Meskipun Taliban secara megah menunjukkan kemampuan mereka pada hari Rabu, tidak disebutkan rencana untuk meningkatkan kehidupan rakyat Afghanistan.

Konflik dan ketidakstabilan selama puluhan tahun telah menyebabkan jutaan warga Afghanistan berada di ambang kelaparan dan kelangkaan bahan kebutuhan pokok.

Tingkat pengangguran juga tinggi dan perempuan dilarang bersekolah di atas kelas enam.

Parade Bagram adalah parade Taliban yang paling megah dan paling menantang sejak merebut kembali kendali negara itu pada Agustus 2021.

Penonton yang berjumlah sekitar 10.000 orang termasuk pejabat senior Taliban seperti Pejabat Menteri Pertahanan Mullah Yaqoob dan Pejabat Menteri Dalam Negeri Sirajuddin Haqqani.

Pemimpin tertinggi Hibatullah Akhundzada tidak hadir dalam parade tersebut.

Topik Menarik