Isu Reshuffle Kabinet, Nama-Nama Baru Beredar di Lingkungan Istana

Isu Reshuffle Kabinet, Nama-Nama Baru Beredar di Lingkungan Istana

Berita Utama | joglosemar.inews.id | Minggu, 18 Agustus 2024 - 21:20
share

JAKARTA, iNewsJoglosemar.id – Isu perombakan kabinet atau reshuffle kembali mencuat menjelang akhir pekan ini. Beredar kabar bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan melakukan reshuffle pada Senin (19/8/2024) besok. Spekulasi ini semakin berkembang seiring dengan beredarnya nama-nama yang akan menggantikan beberapa menteri dalam kabinetnya.

Salah satu nama yang kencang dibicarakan adalah Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya. Siti Nurbaya dikabarkan akan digantikan oleh Raja Juli Antoni, yang saat ini menjabat sebagai Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang.

“Kami belum mendapatkan konfirmasi resmi mengenai hal ini. Doakan yang terbaik untuk Bro Toni jika kabar ini benar,” ujar Ketua DPP PSI Ariyo Bimmo dalam pesan singkatnya, Minggu (18/8/2024).

Selain Siti Nurbaya, rumor juga beredar mengenai Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly yang akan digantikan oleh politikus Partai Gerindra, Supratman Andi Agtas. Kabar mengenai pergantian ini juga belum mendapatkan konfirmasi resmi dari pihak terkait.

“Kami belum tahu apakah betul Pak Yasonna akan diganti. Kami masih menunggu informasi lebih lanjut,” kata Chico Hakim, juru bicara PDI Perjuangan (PDIP), pada Selasa (13/8/2024) lalu.

 

Sementara itu, Zulhas, dalam komentarnya mengenai isu reshuffle, menyatakan bahwa tanggal pelaksanaan reshuffle sepenuhnya merupakan hak prerogatif Presiden. Pernyataan ini menunjukkan bahwa penjadwalan reshuffle sepenuhnya merupakan wewenang Presiden Jokowi dan bukan sesuatu yang bisa dipengaruhi oleh pihak lain.

“Terserah Presiden, mau tanggal 19 atau 20, itu hak Beliau,” ujar Zulhas.

Di tengah ketidakpastian ini, berbagai pihak masih menunggu pengumuman resmi dari Istana Negara mengenai susunan kabinet baru. Masyarakat dan politisi pun tampaknya harus bersabar menunggu kepastian dari pihak berwenang.

 

 

Topik Menarik