Garda Revolusi Segera Laksanakan Serangan ke Israel

Garda Revolusi Segera Laksanakan Serangan ke Israel

Berita Utama | sindonews | Sabtu, 10 Agustus 2024 - 23:59
share

Iran akan melaksanakan perintah Pemimpin Tertinggi Ayatollah Ali Khamenei untuk "menghukum keras" Israel atas pembunuhan seorang pemimpin Hamas di Teheran. Itu diungkapkan seorang wakil komandan Garda Revolusi seperti dikutip pada hari Jumat oleh kantor berita lokal.

"Perintah pemimpin tertinggi mengenai hukuman berat bagi Israel dan balas dendam atas darah martir Ismail Haniyeh sudah jelas dan gamblang... dan akan dilaksanakan dengan cara sebaik mungkin," kata Ali Fadavi, yang dikutip oleh media Iran.

Iran dan kelompok Islam Palestina Hamas menuduh Israel melakukan pembunuhan Haniyeh pada 31 Juli. Israel belum mengklaim atau membantah bertanggung jawab atas pembunuhan tersebut, yang telah memicu kekhawatiran lebih lanjut bahwa perang antara Israel dan Hamas di Jalur Gaza berubah menjadi perang Timur Tengah yang lebih luas.

Ketika diminta oleh wartawan untuk menanggapi pernyataan Fadavi, juru bicara keamanan nasional Gedung Putih John Kirby mengatakan AS siap membela Israel dengan banyak sumber daya di wilayah tersebut, seraya menambahkan: "Ketika kita mendengar retorika seperti itu, kita harus menanggapinya dengan serius, dan kita melakukannya." Iklan Gulir untuk melanjutkan

Misi Iran untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa mengatakan pada hari Jumat bahwa tanggapan Teheran terhadap pembunuhan Haniyeh oleh Israel adalah "masalah yang sama sekali tidak terkait" dengan upaya untuk menengahi gencatan senjata dalam perang 10 bulan antara Israel dan Hamas di Jalur Gaza.

"Namun, kami berharap tanggapan kami akan tepat waktu dan dilakukan dengan cara yang tidak merugikan potensi gencatan senjata," kata misi tersebut ketika ditanya apakah Iran dapat menunda pembalasannya hingga setelah perundingan gencatan senjata Gaza minggu depan.

Amerika Serikat, Mesir, dan Qatar pada hari Kamis meminta Israel dan Hamas untuk bertemu untuk berunding pada tanggal 15 Agustus di Doha atau Kairo untuk menyelesaikan gencatan senjata Gaza dan kesepakatan pembebasan sandera. Israel mengatakan akan hadir, sementara seorang pejabat Hamas mengatakan kepada Reuters bahwa kelompok itu sedang "mempelajari" tawaran baru untuk perundingan.

"Prioritas kami adalah untuk membangun gencatan senjata yang langgeng di Gaza; setiap kesepakatan yang diterima oleh Hamas juga akan diakui oleh kami," kata misi PBB Iran di New York.

"Rezim Israel telah melanggar keamanan dan kedaulatan nasional kami melalui tindakan terorismenya baru-baru ini. Kami memiliki hak yang sah untuk membela diri - masalah yang sama sekali tidak terkait dengan gencatan senjata Gaza," katanya.

Ketika ditanya tentang laporan Iran, seorang juru bicara Departemen Luar Negeri AS mengatakan: "Kami tidak ingin berspekulasi tentang tindakan apa yang akan diambil oleh rezim Iran."

Juru bicara itu mengatakan Amerika Serikat telah terus-menerus berhubungan dengan mitra di kawasan itu dan sekitarnya, dan menambahkan: "Dalam percakapan itu, kami telah mendengar konsensus yang jelas: tidak seorang pun boleh meningkatkan konflik ini."

"Kami telah terlibat dalam diplomasi yang intens dengan sekutu dan mitra yang mengomunikasikan pesan itu langsung ke Iran. Kami mengomunikasikan pesan itu langsung ke Israel," kata juru bicara itu.

Israel melancarkan serangannya ke Gaza dengan tujuan untuk melenyapkan Hamas setelah para pejuang kelompok itu menyerang Israel pada 7 Oktober, menewaskan 1.200 orang dan menyandera lebih dari 250 orang, menurut penghitungan Israel.

Sejak itu, Israel telah menewaskan hampir 40.000 warga Palestina di Gaza, menurut angka dari pejabat kesehatan di daerah kantong itu, yang mengatakan ribuan orang lainnya dikhawatirkan tewas di bawah reruntuhan.

Topik Menarik