Merespons Pembentukan Panitia Khusus (Pansus) Haji DPR, Dirjen PHU Kemenag Siapkan Data dan Dokumen

Merespons Pembentukan Panitia Khusus (Pansus) Haji DPR, Dirjen PHU Kemenag Siapkan Data dan Dokumen

Berita Utama | bogor.inews.id | Rabu, 7 Agustus 2024 - 02:30
share

JAKARTA, iNewsBogor.id - Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama, Hilman Latief, menegaskan kesiapan pihaknya untuk memenuhi panggilan Panitia Khusus (Pansus) Haji di DPR. Hilman menyatakan bahwa Kemenag telah menyiapkan data dan dokumen yang diperlukan untuk memberikan keterangan terkait penyelenggaraan Haji 2024.

Kami siap memenuhi panggilan Pansus dan memberikan keterangan mengenai penyelenggaraan Haji 2024. Kami telah menyiapkan berbagai argumen, data, dan dokumen untuk menjawab pertanyaan fundamental yang mungkin diajukan oleh Pansus, kata Hilman dalam Diskusi Publik Forum Jurnalis Wakaf dan Zakat Indonesia (Forjukafi) dengan tema Haji Antara Transformasi dan Politisasi di Hotel Oasis Amir, Jakarta, Selasa (6/8/2024).

Hilman menambahkan bahwa penyelenggaraan haji yang melibatkan ratusan ribu jamaah memerlukan keterampilan manajemen yang memadai. Kemenag setiap tahun berupaya untuk mempersiapkan penyelenggaraan haji sebaik mungkin.

Jumlah jamaah yang harus kami layani sangat besar, yaitu kuota 221.000 ditambah 20.000 orang menjadi 241.000 jamaah. Ini adalah jumlah terbesar dalam sejarah, sambung Hilman.

Kemenag telah menyiapkan berbagai langkah untuk memastikan penyelenggaraan haji berjalan lancar.

Karena itu, kami melakukan berbagai persiapan, telaah, simulasi, dan kajian. Kami berharap dapat menggunakan skenario yang sudah diterapkan sebelumnya, dengan prinsip penyelenggaraan haji yang aman dan nyaman, pungkasnya.

Topik Menarik