1.000 Mobil Disewa untuk Tamu Negara HUT ke-79 di IKN

1.000 Mobil Disewa untuk Tamu Negara HUT ke-79 di IKN

Berita Utama | okezone | Selasa, 6 Agustus 2024 - 06:05
share

JAKARTA - Pemerintah menyewa setidaknya 1.000 unit mobil untuk keperluan pergerakan tamu negara pada perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia yang akan digelar di Ibu Kota Negara ( IKN ) Nusantara pada 17 Agustus 2024.

"Kami bersama Kemensetneg telah menandatangani nota kesepahaman untuk pengadaan 1.000 unit mobil untuk perayaan kemerdekaan," ujar Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Asosiasi Pengusaha Rental Mobil Daerah Indonesia (Asperda) Kalimantan Timur, Damun Kiswanto, seperti dikutip Antara.

Damun menambahkan, permintaan dari Kemensetneg sudah dibayar uang muka sebesar 50 dari nilai kontrak. Namun, untuk memenuhi permintaan tersebut, DPD Asperda Kaltim harus mendatangkan mobil dari luar daerah karena keterbatasan unit rental di wilayah tersebut.

Damun menambahkan bahwa biaya pengiriman mobil dari luar daerah mencapai Rp13 juta per unit, sehingga lonjakan harga sewa mobil tidak dapat dihindari. Menjelang perayaan HUT RI ke-79, harga sewa mobil di Kalimantan Timur mengalami peningkatan hingga 100 persen dari harga normal.

Topik Menarik