Upacara Pembukaan Olimpiade Paris 2024 Meriah, Indonesia Satu Kapal Bareng India dan Iran saat Defile

Upacara Pembukaan Olimpiade Paris 2024 Meriah, Indonesia Satu Kapal Bareng India dan Iran saat Defile

Berita Utama | inews | Sabtu, 27 Juli 2024 - 03:45
share

PARIS, iNews.id- Olimpiade Paris 2024 resmi dimulai. Upacara pembukaan berlangsung meriah di Sungai Seine, Kota Paris, Prancis, Sabtu (27/7/2024). 

Rangkaian acara diawali dengan tanyangan video prolog dari legenda sepak bola Timnas Prancis Zinedine Zidane. Zidane terlihat memberikan obor kepada seseorang agar dibawa ke Paris.

Setelah tayangan prolog itu, acara dilanjut dengan defile dari negara peserta Olimpiade Paris 2024. Para atlet yang mengikuti defile menaiki kapal menyusuri Sungai Seine.
 
Berbagai pertunjukan memeriahkan acara upacara pembukaan Olimpiade Paris 2024. Ada pertunjukkan tari hingga penampilan Lady Gaga.

Silih berganti defile atlet melintas di Sungai Seine. Defile atlet Indonesia ada diurutan ke 85.

Indonesia berada satu kapal dengan kontingen India dan Iran saat defile Olimpiade Paris 2024. Terlihat atlet judo, Maryam March Maharani bertugas sebagai pembawa bendera Merah-Putih. Dia dengan penuh senyuman dan semangat saat mengibarkan bendera Merah-Putih.

Berdasarkan rilis NOC Indonesia, ada 14 orang atlet dan official bakal ikut dalam defile Tim Indonesia di upacara pembukaan Olimpiade 2024. Atlet dan ofisial yang mengikuti defile memakai pakaian yang dirancang oleh Didiet Hediprasetyo.

Pakaian ini dirancang mengunakan teknik pengerjaan tangan berkualitas tinggi berpadu modern dengan kesederhanaan filosofi desain tradisional Indonesia. Kreasi Didiet itu memberi perspektif baru atas desain yang memuliakan performa prima atletik dengan kekayaan budaya.

Setiap koleksi merupakan bentuk penghormatan terhadap warisan budaya Indonesia, yang sejalan dengan asal usul para atlet, dan membangkitkan semangat persatuan dan nasionalisme. Sosok Raden Saleh, seorang pionir pelukis beraliran Romantisme asal Jawa menjadi inspirasi dasar koleksi ini.

Topik Menarik