Putin: Taliban adalah Sekutu Rusia!

Putin: Taliban adalah Sekutu Rusia!

Berita Utama | inews | Jum'at, 5 Juli 2024 - 06:40
share

ASTANA, iNews.id - Presiden Rusia Vladimir Putin menyebut Taliban sebagai sekutu Moskow dalam memerangi terorisme karena mereka menguasai Afghanistan. Padahal, Taliban masih berstatus kelompok terlarang di Rusia.

AFP melansir, Moskow telah bertahun-tahun membina hubungan dengan Taliban, meski merupakan organisasi terlarang di Rusia sejak 2003. Bulan lalu, Putin pun menyerukan agar Moskow membangun hubungan dengan pemerintah Taliban.

"Kita harus beranggapan bahwa Taliban mengendalikan kekuasaan di negara (Afghanistan) ini. Dan dalam hal ini Taliban, tentu saja, adalah sekutu kami (Rusia) dalam perang melawan terorisme, karena pihak berwenang mana pun berkepentingan dengan stabilitas negara yang mereka pimpin," kata Putin di Astana, Kazakhstan, Kamis (4/7/2024).

Taliban telah berperang melawan saingan ekstremis ISIS-K di Afghanistan selama bertahun-tahun. Pada Maret lalu, para militan ISIS-K disebut-sebut membunuh lebih dari 140 orang dalam serangan di gedung konser Moskow. Itu adalah serangan teror paling mematikan di Rusia selama hampir dua dekade.

Sejak mengambil alih Afghanistan pada 2021, Taliban telah menerapkan hukum Islam dengan ekstrem dan secara efektif melarang perempuan terlibat dalam kehidupan publik.

Putin mengatakan, Taliban telah mengambil beberapa tanggung jawab sebagai penguasa Afghanistan. Kendati begitu, masih ada bebrapa masalah yang memerlukan perhatian terus-menerus di dalam negeri dan komunitas internasional.

"Saya yakin Taliban tertarik agar semuanya stabil di Afghanistan," katanya.

Topik Menarik