Hadap-hadapan dengan Panglima Militer yang Pimpin Kudeta, Presiden Bolivia: Saya Kapten Anda Saya Perintahkan Tarik Pasukan

Hadap-hadapan dengan Panglima Militer yang Pimpin Kudeta, Presiden Bolivia: Saya Kapten Anda Saya Perintahkan Tarik Pasukan

Berita Utama | okezone | Kamis, 27 Juni 2024 - 07:20
share

BOLIVIA - Tentara Bolivia yang dipimpin oleh panglima Angkatan Darat Bolivia menabrakkan sebuah tank ke pintu istana kepresidenan Bolivia pada Rabu (26/6/2024) pagi, hingga menghancurkan pintu istana.

“Pastinya sebentar lagi akan ada Kabinet Menteri yang baru; negara kami, negara kami tidak bisa terus seperti ini,” kata Jenderal Juan Jose Zuniga kepada wartawan dari tank sebelum dia memasuki istana, dikutip Associated Press.

Para tentara berteriak-teriak di dalam, di mana mereka berhadapan dengan Presiden Luis Acre. Namun dalam momen luar biasa yang ditangkap oleh jaringan TV lokal dan diposting ulang secara online, Acre berhadapan langsung dengan Zuniga, menatap langsung ke matanya saat tentara Zuniga berkerumun di dalam gedung.

“Saya kapten Anda, dan saya memerintahkan Anda untuk menarik prajurit Anda, dan saya tidak akan membiarkan pembangkangan ini,” terang Acre memberi tahu Zuniga selama ketegangan yang terjadi.

Acre mengecam kudeta tersebut di akun X-nya. “Kami mengecam mobilisasi tidak teratur beberapa unit Angkatan Darat Bolivia. Demokrasi harus dihormati,” cuitnya.

Topik Menarik