Jokowi Groundbreaking Arena Botanika, Destinasi Kuliner di IKN Hadirkan Brand Restoran Terkenal

Jokowi Groundbreaking Arena Botanika, Destinasi Kuliner di IKN Hadirkan Brand Restoran Terkenal

Berita Utama | balikpapan.inews.id | Rabu, 5 Juni 2024 - 22:20
share

PENAJAM PASER UTARA, iNewsBalikpapan.id - Sebagai langkah memenuhi kebutuhan kuliner di Ibu Kota Nusantara (IKN), Presiden Joko Widodo secara resmi melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking pembangunan Arena Botanika oleh PT Arena Graha Andalan di Kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Kaltim, Rabu (5/6) pagi. Area ini akan menjadi pusat perhatian dengan konsep Premiere Social Compound sebab akan menawarkan pengalaman kuliner unik di tengah suasana alam yang memesona.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menekankan pentingnya pembangunan fasilitas pendukung di IKN yang bertujuan untuk menunjang kebutuhan akomodasi, transportasi, dan konsumsi masyarakat.

Kegiatan di Ibu Kota Nusantara ini meningkat sangat pesatnya, pesat sekali. Kita membutuhkan akomodasi, membutuhkan transportasi, membutuhkan transportasi, membutuhkan fasilitas-fasilitas lainnya, kata Presiden Jokowi.

Jokowi menyoroti kebutuhan akan fasilitas akomodasi yang masih sulit ditemukan di kawasan IKN. Presiden pun mengapresiasi pembangunan Arena Botanica yang akan segera dimulai untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Sampai sekarang kalau saya membawa rombongan 200 orang, 300 orang memakan tempatnya belum ada. Jadi saya sangat menghargai investasi yang akan dibangun ini, Arena Botanica dari Arena Group, yang kita harapkan ini untuk memacu agar menteri-menteri segera mau pindah ke sini, jelasnya.

Selain akomodasi, Presiden juga menyoroti kebutuhan fasilitas kuliner di kawasan IKN. Presiden menjelaskan bahwa menemukan tempat makan yang layak menjadi tantangan bagi masyarakat yang tinggal dan bekerja di IKN.

Karena memang problem besar di sini kalau sudah mau makan siang, makan malam kaya tadi malam kita mau makan malam bawa chef dari Jakarta masak sendiri, ungkap Presiden.

Presiden Jokowi pun berharap pembangunan Arena Botanica, yang akan mengintegrasikan lima merek restoran ternama, diharapkan dapat mengatasi tantangan-tantangan tersebut.

Saya sangat menghargai dari PT Arena Graha yang mengintegrasikan lima brand resto ternama di dalam satu kawasan, saya tadi melihat juga desain dari restoran sangat bagus sehingga nantinya Seribu Rasa, Penang Bistro, Greyhound Cafe, Maison Tatsuya dan Yakiniku bisa segera dibuka, ujar Presiden Jokowi.

Lebih lanjut, Presiden Jokowi menginstruksikan agar mempercepat penyelesaian proyek ini untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di IKN. Dengan adanya pembangunan Arena Botanica, fasilitas di IKN diharapkan makin lengkap dan memudahkan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Dengan dibangunnya Arena Botanica ini fasilitas di IKN akan makin lengkap sehingga masyarakat yang tinggal dan bekerja di IKN tidak perlu repot pergi ke mana-mana untuk menikmati kuliner yang lezat dan suasana yang nyaman di Ibu Kota Nusantara, tutup Presiden Jokowi.

Sementara itu, Direktur Utama Arena Group, Wiyanto Alamsyah, mengatakan, lima brand restoran terkenal akan hadir di Arena Botanika pada awal tahun 2025.

Untuk menu-menu masakan nusantara ada di Seribu Rasa. Kemudian masakan Asia Tenggara ada di Penang Bistro. Yang ingin santai sambil menyeruput kopi khas, disiapkan di Greyhound Cafe. Begitu juga menu makanan lainnya ada di Maison Tatsuya dan Gyu-Shige Tokyo Yakiniku. "Semua akan dihadirkan dalam satu kawasan. Arena Botanika menjanjikan pengalaman kuliner yang beragam dan menggugah selera bagi para pengunjungnya," ujar Wiyanto Alamsyah.

Ia menjelaskan, arena yang dibangun dengan nilai investasi Rp 100 miliar ini merupakan wujud dari visi perusahaan untuk memberikan pengalaman kuliner berkualitas dengan harga terjangkau bagi masyarakat Indonesia. Dengan lebih dari dua dekade pengalaman, Arena Group telah menjadi salah satu operator restoran terkemuka di Tanah Air.Arena Botanika Ibu Kota Nusantara menawarkan suasana indoor-outdoor yang memikat dengan nuansa alami Kalimantan. "Ada fasilitas yang akan kami siapkan. Seperti ruang privat, fasilitas acara lengkap, hiburan live music, layanan catering, dan meal box," ujarnya.

Wiyanto berharap, destinasi kuliner ini bisa mendukung kegiatan pemerintahan, sosial, dan ekonomi di Ibu Kota Nusantara. Dengan menghadirkan berbagai macam cita rasa dari Indonesia dan Asia Tenggara, serta konsep-konsep kuliner yang unik dari Thailand dan Jepang. "Arena Botanika siap menjadi magnet baru bagi para pecinta kuliner di Ibu Kota Nusantara," harapnya.

Turut hadir dalam seremoni groundbeaking sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju, antara lain Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang juga Plt. Kepala Otorita IKN Basuki Hadimuljono, Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) yang juga Plt. Wakil Kepala Otorita IKN Raja Juli Antoni, Kurator IKN Ridwan Kamil, Wishnutama Kusubandio, Pj. Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik, dan Pj. Bupati Penajam Paser Utara Makmur Marbun.

Topik Menarik