Bitcoin Pizza Day, Momen Unik yang Tak Terlupakan dalam Sejarah Kripto

Bitcoin Pizza Day, Momen Unik yang Tak Terlupakan dalam Sejarah Kripto

Berita Utama | sindonews | Minggu, 2 Juni 2024 - 00:15
share

Bitcoin Pizza Day atau Hari Pizza Bitcoin adalah momen unik yang tidak terlupakan oleh para investor atau pengguna kripto karena Bitcoin untuk pertama kalinya digunakan untuk membeli barang fisik. Bitcoin pertama kali ditransaksikan dengan Pizza pada 2010, di mana harga 1 Bitcoin (BTC) saat itu bernilai 0,003 sen dibandingkan dengan tahun ini sekitar USD 69.000.

Momen unik ini akhirnya diberi nama Bitcoin Pizza Day yang diperingati setiap tanggal 22 Mei setiap tahunnya. Kala itu para penambang dan programmer Bitcoin yang berasal dari Florida bernama Laszlo Hanyecz berpikir untuk menukar 10.000 BTC-nya dengan pizza.

Laszlo memasarkan hal tersebut di forum Bitcointalk untuk membeli dua pizza dengan imbalan 10.000 Bitcoin. Tawaran tersebut pun diterima oleh seseorang dan dengan cepat orang tersebut mengirimkan dua pak pizza Papa John ke Laszlo dan mendapatkan 10.000 BTC.

Baca Juga:Donald Trump Dukung Pertumbuhan Aset Kripto Jadi Sinyal Positif

Semenjak adanya transaksi itu setiap tanggal 22 Mei dirayakan sebagai Bitcoin Pizza Day oleh para komunitas kripto. Belum lama ini Komunitas Bitget berkumpul untuk memeriahkan perayaan Bitcoin Pizza Day di beberapa kawasan Asia Tenggara seperti Vietnam, Thailand, Filipina, Malaysia, dan Indonesia.

"Hari Bitcoin Pizza menandai momen penting dalam sejarah cryptocurrency (kripto)," kata CEO Bitget Gracy Chen melalui keterangannya, Minggu (2/6/2024).

"Merayakan momen ini mengingatkan kita bagaimana cryptocurrency dimulai dari konsep baru hingga menjadi kekuatan revolusioner di bidang keuangan," tuturnya.

Gracy mengatakan Hari Bitcoin Pizza diperingati untuk menghormati para pengadopsi awal yang percaya pada potensi teknologi desentralisasi dan mendorong kita untuk terus mengeksplorasi penggunaan cryptocurrency yang inovatif.

"Di Bitget, kami bangga menyatukan komunitas global setiap tahun untuk merayakan tonggak sejarah ini dan merenungkan kemajuan luar biasa dalam industri ini," ucapnya.

Baca Juga:Transaksi Kripto Meningkat, Jumlah Investor Nyaris Tembus 20 Juta Orang

Dalam perayaannya, terdapat sejumlah aktivitas menarik yang dilakukan bersama seluruh partisipan yang menghadiri acara tersebut. Total jumlah partisipan dari seluruh negara hampir mencapai 600 partisipan dengan berbagai rangkaian acara yang seru, seperti pizza gratis kepada seluruh partisipan, desain spesial pada pizza yang berbentuk logo pizza Bitcoin, tantangan kuis, lomba makan pizza tercepat, dan lainnya.

Selebrasi Bitcoin Pizza Day yang didukung oleh komunitas Bitget tidak hanya perayaan biasa setiap tahun, melainkan memberi bukti bahwa peran komunitas sangat besar terhadap perkembangan perusahaan untuk memberikan edukasi.

Juga untuk meningkatkan brand awareness perusahaan, serta menerima saran dan kritik secara langsung untuk disampaikan kepada pihak perusahaan (Bitget). Hal ini juga berkaitan dengan salah satu nilai yang diadopsi oleh Bitget sebagai platform kripto dan Web3. Antara lain terus berkomitmen untuk melakukan komunikasi yang terbuka, di mana perusahaan, komunitas, pengguna, dan seluruh entitas secara transparan untuk menerima pendapat dan kritik bagi semua pihak.

Topik Menarik