5 Tokoh Muhammadiyah yang Berperan Penting atas Lahirnya Pancasila, Ada Soekarno

5 Tokoh Muhammadiyah yang Berperan Penting atas Lahirnya Pancasila, Ada Soekarno

Berita Utama | okezone | Sabtu, 1 Juni 2024 - 06:00
share

JAKARTA - Sejumlah tokoh Muhammadiyah punya kontribusi signifikan dalam perumusan Pancasila . Siapa saja tokoh tersebut menarik diulas dalam rangka Peringatan Hari Lahir Pancasila yang bertepatan dengan hari ini, Sabtu (1/6/2024).

Mengutip muhammadiyah.or.id , berikut 5 tokoh Muhammadiyah yang berkontribusi atas lahirnya Pancasila:

1. Ki Bagus Hadikusumo

Ki Bagus Hadikusumo adalah salah satu tokoh utama Muhammadiyah yang berperan penting dalam sidang-sidang BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia) dan PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia). Ia dikenal sebagai tokoh yang tegas dalam mempertahankan prinsip-prinsip Islam dalam pembentukan dasar negara.

Pancasila Bukan Mantra, Tidak Bisa Dibumikan Lewat Indoktrinasi

Ki Bagus Hadikusumo selama sidang BPUPKI memperjuangkan agar nilai-nilai Islam tercermin dalam dasar negara Indonesia. Meski demikian, ia juga menunjukkan sikap kompromi dan toleransi ketika menerima Piagam Jakarta yang mencantumkan kalimat Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya.

Ketika akhirnya kalimat ini diubah demi persatuan nasional, Ki Bagus Hadikusumo tetap mendukung Pancasila sebagai dasar negara dengan semangat kebersamaan dan persatuan.

2. KH. Mas Mansur

KH. Mas Mansur, seorang ulama dan tokoh Muhammadiyah, juga berperan penting dalam pergerakan kemerdekaan Indonesia dan dalam perumusan Pancasila. Sebagai anggota BPUPKI, KH. Mas Mansur aktif dalam diskusi-diskusi yang membahas dasar negara. Selain itu, ia adalah bagian dari kelompok Empat Serangkai bersama dengan Ir. Soekarno, Drs. Mohammad Hatta, dan Ki Hajar Dewantara, yang berperan besar dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia.

KH. Mas Mansur mendukung gagasan Pancasila sebagai dasar negara yang dapat menyatukan berbagai golongan dan agama di Indonesia. Pandangannya tentang pentingnya kesatuan dan persatuan bangsa tercermin dalam kontribusinya pada proses perumusan Pancasila.

Upacara Harlah Pancasila di Blok Rokan, Disediakan Layar Lebar dan Live IG untuk Masyarakat Nobar

3. Dr. Abdul Kahar Muzakir

Dr. Abdul Kahar Muzakir, seorang tokoh Muhammadiyah lainnya, turut aktif dalam BPUPKI dan PPKI. Sebagai seorang akademisi dan pemimpin Muhammadiyah, Dr. Abdul Kahar Muzakir memberikan pandangan-pandangan intelektual yang mendukung pengembangan konsep Pancasila. Ia berusaha memastikan bahwa dasar negara Indonesia mencerminkan nilai-nilai moral dan agama yang kuat, sekaligus mampu mengakomodasi keragaman budaya dan agama di Indonesia.

Topik Menarik