Daftar Pembagian Pot Drawing Piala Asia 2023: Timnas Indonesia di Pot 4 Bareng Malaysia dan Thailand

Daftar Pembagian Pot Drawing Piala Asia 2023: Timnas Indonesia di Pot 4 Bareng Malaysia dan Thailand

Berita Utama | BuddyKu | Jum'at, 7 April 2023 - 19:24
share

DAFTAR pembagian pot drawing Piala Asia 2023 telah diumukan oleh AFC pada Jumat (7/4/2023). Seperti yang sudah diprediksi sebelumnya, Tim Nasional (Timnas) Indonesia dipastikan berada di pot 4 pada turnamen yang digelar di Qatar pada 12 Januari sampai 14 Februari 2024 tersebut.

Ya, Piala Asia 2023 dipastikan akan digelar tahun depan. Penyebab utamanya karena tuan rumah Piala Asia 2023 yang awalnya adalah China harus diganti ke Qatar karena Negeri Tirai Bambu itu memiliki kebijakan terhadap pandemi Covid-19.

Karena tuan rumah pindah ke Qatar, maka jadwal pertandingan pun berubah menyesuaikan cuaca di negara tersebut. Setelah didiskusikan, Piala Asia 2023 pun dipastikan digelar pada awal 2024.

Timnas Indonesia pun turut berpartisipasi dalam Piala Asia kali ini. Itu adalah turnamen pertama skuad Garuda setelah terakhir kali tampil pada edisi 2007 silam.

Daftar Pot Piala Asia 2023

Dalam comeback nanti, Timnas Indonesia pun dipastikan akan menghadapi lawan-lawan yang berat. Pasalnya AFC memasukkan Timnas Indonesia ke dalam pot 4, yang berarti pasukan Shin Tae-yong akan menghadapi salah satu tim dari pot 1, pot 2, dan pot 3.

Sebenarnya, kabar tersebut tidak mengagetkan. Sebab secara peringkat, Timnas Indonesia memang lebih kecil dibanding negara-negara Asia lainnya.

Timnas Indonesia tepatnya kini bertengger di peringkat 149 dunia atau di Asia mereka berada di urutan 28. Jadi, tidak heran jika Timnas Indonesia menempati pot 4.

Selain Timnas Indonesia, ada dua negara Asia Tenggara yang juga menempati pot 4. Kedua negara itu adalah Malaysia dan Thailand.

Lantas bagaimana dengan Vietnam? Timnas Vietnam berada di pot 3 bersamaan dengan Bahrain, Suriah, Palestina, Kyrgyzstan, dan Lebanon.

Timnas Indonesia

Lantas, sanggupkan Timnas Indonesia melalui babak fase grup dengan lancar? Tentu untuk bisa mewujudkan hal tersebut kita hanya bisa berharap Timnas Indonesia tak berada di grup yang sulit. Drawing pun akan digelar di Doha, Qatar pada 11 Mei 2023.

Berikut Daftar Pembagian Pot Drawing Piala Asia 2023:

Pot 1: Qatar, Jepang, Iran, Korea Selatan, Australia, Arab Saudi

Pot 2: Irak, UEA, Oman, Uzbekistan, China, Yordania

Pot 3: Bahrain, Suriah, Palestina, Vietnam, Kirgistan, Lebanon

Pot 4: India, Tajikistan, Thailand, Malaysia, Hong Kong, Indonesia

Topik Menarik