KJRI Johor Bahru Resmi Luncurkan Layanan E-Paspor untuk WNI

KJRI Johor Bahru Resmi Luncurkan Layanan E-Paspor untuk WNI

Terkini | batam.inews.id | Senin, 7 Oktober 2024 - 14:50
share

BATAM, iNewsBatam.id - Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Johor Bahru, Malaysia secara resmi meluncurkan layanan paspor elektronik pada Minggu (06/10/2024).

Peresmian layanan E-Paspor di KJRI Johor Bahru dihadiri oleh wakil dari organisasi masyarakat Indonesia, seluruh staff KJRI Johor Bahru (KJRI JB) dan guru-guru Sekolah Indonesia Johor Bahru (SIJB).

Konsul Jenderal RI Sigit S. Widiyanto yang menyampaikan bahwa penerbitan e-paspor adalah untuk menjawab kebutuhan WNI di luar negeri termasuk WNI yang menjadi pekerja migran di wilayah kerja KJRI Johor Bahru.

"Selain itu juga meningkatkan people-to-people contact di wilayah kerja Konsulat RI Johor Bahru, dan meningkatkan pekerja migran Indonesia berdokumen saat bekerja di Malaysia," kata Sigit secara tertulis, Senin (7/10/2024).

Sementara, Staf Teknis Imigrasi Wahyu Kusumanegara menambahkan bahwa peluncuran e-paspor merupakan upaya meningkatkan layanan Perwakilan RI kepada WNI sebagai bagian dari prioritas kebijakan luar negeri di bidang pelayanan dan pelindungan WNI.

Ia mengungkapkan ada beberapa perbedaan dan keunggulan paspor elektronik seperti terdapat chip untuk menyimpan berbagai data biometrik pemegang paspor.

Kemudian, terdapat chip yang merekan data perlintasan sehingga tidak perlu peneraan cap dan mendapat akses autogate di setiap Tempat Pemeriksaan Imigrasi Indonesia.

"E-paspor juga lebih aman dari tindakan pemalsuan paspor serta memiliki keistimewaan bebas visa ke beberapa negara (saat ini bebas visa ke Jepang)," ujarnya.

Pada peluncuran layanan e-paspor, Staf Teknis Imigrasi Konsulat Jenderal RI Johor Bahru memberikan e-paspor pertama kepada wakil WNI yang merupakan pasangan warga negara Malaysia serta Bapak Tohari yang merupakan salah satu staf KJRI Johor Bahru.

Topik Menarik