Begini Kata Irvansyah Soal Diksi Inflasi dalam Debat Pilkada Tangerang: Maksudnya Meningkatkan PAD

Begini Kata Irvansyah Soal Diksi Inflasi dalam Debat Pilkada Tangerang: Maksudnya Meningkatkan PAD

Terkini | banten.inews.id | Minggu, 20 Oktober 2024 - 16:20
share

TANGERANG, iNewsBanten- "Maksudnya adalah dengan cara meningkatkan PAD (Pendapatan Asli Daerah)," ungkap Irvansyah Asmat, Calon Wakil Bupati Tangerang nomor urut 1, kepada iNewsbanten.id.

Pernyataan Irvansyah ini meluruskan penyampaiannya soal diksi 'meningkatkan inflasi' yang terlontar saat sesi tanya-jawab, dalam Acara Debat Pilkada Kabupaten Tangerang 2024 yang diselenggarakan oleh KPU setempat, Sabtu (19/10), di salah satu hotel di Kota Serang.

Saat itu, Pasangan Calon nomor urut 1 ditanya soal upayanya dalam hal mempertahankan kemandirian fiskal Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang.

Menurut Ketua DPC PDIP Kabupaten Tangerang ini, kemandirian fiskal pemerintah daerah dapat terwujud melalui peningkatan PAD yang salah satunya bersumber dari pungutan pajak di sejumlah sektor.

 

Antara lain, pajak makanan dan minuman, hiburan, hotel serta sektor pajak lainnya yang perolehannya merupakan hak pemerintah kabupaten/kota.

Untuk itu Cawabup yang berpasangan dengan Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Tangerang- Mad Romli ini menegaskan, bahwa pemberdayaan masyakarat seperti penguatan pada sektor usaha kecil mikro dan menengah atau UMKM khususnya kemudahan akses terhadap modal melalui pinjaman yang tanpa agunan musti digencarkan.

Sebab, serapan pajak diyakini dapat optimal ketika kondisi perekonomian tumbuh. Sebaliknya, pungutan pajak tidak optimal ketika daya beli masyarakat rendah karena tidak mempunyai kemampuan finansial untuk dibelanjakan.

"Terkait kemandirian fiskal pemerintah daerah, yang saya maksud tadi di dalam debat adalah dengan cara meningkatkan PAD. Itu maksudnya, tadi ada masalah teknis dalam penyampaian. Tapi, yang terpenting adalah saya yakin bahwa masyarakat sangat mengerti apa subtansinya," pungkasnya.

 

 

 

 

Topik Menarik