Farhan - Erwin Raih Nomor Urut Tiga Simbol Kearifan Lokal Masyarakat Sunda, Tri Tangtu

Farhan - Erwin Raih Nomor Urut Tiga Simbol Kearifan Lokal Masyarakat Sunda, Tri Tangtu

Terkini | bandungraya.inews.id | Selasa, 24 September 2024 - 00:00
share

BANDUNG, iNewsBandungra.id - Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandung, Muhammad Farhan-Erwin mendapatkan nomor urut tiga dalam pengundian nomor urut yang dilakukan KPU Kota Bandung, Senin (23/9/2024).

Farhan-Erwin bersyukur mendapatkan nomor urut tiga untuk mengikuti Pilwalkot Bandung pada Pilkada Serentak 2024. Hal itu dikarenakan memiliki makna mendalam dalam falsafah kehidupan Masyarakat Sunda, Tri Tangtu. 

Falsafah Tri Tangtu merupakan pandangan hidup yang mengatur tingkah pola kehidupan masyarakat dalam hubungan sosial, politik, ekonomi, religi bahkan seluruh aspek kehidupan harus berlandaskan falsafah Tri Tangtu. 

“Tri Tangtu adalah sistem pemerintahan tradisional di tatar Sunda yang terdiri dari Rama dan Resi yaitu hormat, memuliakan dan menjaga orang tua dan guru serta Ratu, yaitu amanah, menjalankan fungsi pemerintahan yang merawat Bandung beserta isinya,” ujar Muhammad Farhan, usai pengundian nomor di Hotel Horison, Jalan Pelajar Pejuang Kota Bandung.

Lebih lanjut Farhan menyampaikan Nomor urut tiga merupakan nomor istimewa karena melambangkan kearifan dan filosofi yang dalam. Saat Menyusun program Bandung Utama,

 

“Kami melalui tiga tahapan proses, yaitu memperhatikan apa yang sudah dilakukan pemimpin Bandung di masa lalu, kemudian kami melihat situasi Bandung saat ini dan berusaha memproyeksikan apa yang harus kami siapkan untuk Bandung di masa depan. Tiga proses yang menurut kami sangat penting,” tegasnya.

Di kesempatan yang sama Erwin, calon wakil wali kota Bandung menyampaikan Angka 3 melambangkan kelengkapan dan kebaikan. Itu sebabnya saat berwudhu menyempurnakannya dengan melakukan basuhan sebanyak tiga kali. 

“Semoga angka tiga ini kami, pasangan Farhan-Erwin dapat menjadikan Kota Bandung yang lengkap kebaikannya dan keutamaannya,” ujar Erwin. (*)

Topik Menarik