Tinjau Lokasi Terdampak Gempa Kuningan, Bey Puji Koordinasi Warga

Tinjau Lokasi Terdampak Gempa Kuningan, Bey Puji Koordinasi Warga

Terkini | bandungraya.inews.id | Jum'at, 26 Juli 2024 - 20:00
share

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Penjabat Gubernur Jawa Barat,  Bey Machmudin meninjau lokasi terdampak gempa di Kabupaten Kuningan, Jumat (26/7/2024).

BPBD Jabar mencatat kerusakan ringan akibat gempa Kuningan mencapai 10 rumah. Adapun 10 rumah yang rusak itu berada di Desa Kertawirama Kecamatan Nusaherang (5 rumah), Desa Jagara Kecamatan Darma (1 rumah), Desa Windusengkahan, Desa Ciporang, Desa Purwawinangun Kecamatan Kuningan (4 rumah).

Bey mengunjungi dua lokasi terdampak, yakni Desa Jagara, Kecamatan Darma, lalu Kelurahan Purwawinangun, Kecamatan Kuningan. 

Lokasi tersebut mengalami tiga kali kejadian gempa mulai dari M 3,6 dan M 4,1 sejak Kamis kemarin serta M 3,9 serta Jumat (26/7/2024) siang. 

"Saya tadi meninjau ke dua lokasi terdampak gempa Kuningan, alhamdulilah tidak ada korban jiwa dan pengungsi. Rumah warga yang terdampak terindikasi kerusakan ringan," ujar Bey.

 

Menurutnya, meski gempa terjadi hingga tiga kali, warga tetap beraktifitas seperti biasa. Bahkan pihaknya memuji sistem koordinasi antara warga dan perangkat desa terkait pelaporan kerusakan.

"Tadi ada satu rumah letaknya terpencil, saya tanya kepala desa bagaimana ini bisa ketahuan rumahnya terdampak bencana? Ternyata sudah ada sistem, mereka melapor ke petugas piket desa," kata Bey.

Sistem ini membuat aparat desa dengan mudah bisa menemukan rumah yang rusak atau terdampak pasca terjadinya gempa. Hal ini menurutnya berguna bagi pendataan dan langkah asesmen yang akan dilakukan BPBD.

Selain koordinasi yang baik, solidaritas antar warga dan aparat di lokasi terdampak menurutnya sangat baik. 

Ia mencontohkan ada satu rumah yang sudah ditinggali namun balok eksterior di lantai dua terdampak gempa yang langsung ditangani warga bersama-sama demi keamanan pemilik rumah.

 

"Saya melihat bahwa gotong royong  masih menjadi budaya kita dan saling menolong masih terlihat di suasana seperti ini," ujarnya.

Bey yang didampingi Pj Bupati Kuningan Iip Hidayat juga meminta agar aparatur kewilayahan tetap bersikap waspada akan potensi munculnya gempa susulan juga mengimbau warga untuk mematuhi arahan petugas dan tidak mempercayai berita hoax terkait gempa.

Bey juga menambahkan jika mulai hari ini Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) memasang alat guna mempelajari gempa yang terjadi di Kuningan.

“Memang ini dangkal ya dan kerusakannya tersebar, tapi semuanya rusak ringan," tandasnya.

Topik Menarik