Milad ke-3 Indonesia Tour Leader Moslem Association (ITMA), Ini yang Dilakukan

Milad ke-3 Indonesia Tour Leader Moslem Association (ITMA), Ini yang Dilakukan

Nasional | badung.inews.id | Selasa, 10 September 2024 - 17:20
share

WONOSOBO, iNewsbadung.id - Indonesia Tour Leader Moslem Association (ITMA) rayakan milad ke-3, di Bawang Kabupaten Batang dan Dieng Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

Iman Kadarisman, Ketua Umum ITMA menyebutkan, milad ini merupakan momentum kebangkitan Tour Leader (TL) di Indonesia, dilengkapi pelatihan dan praktek langsung. 

Ditambahkan Iman Kadarisman, kegiatan juga dilakukan untuk meningkatkan kemampuan para Tour Leader terutama public speaking, sehingga pandai berbicara, tertata dan teratur. 

Untuk menjadi Tour Leader ITMA yang handal dan berkompeten, dikatakan Iman Kadarisman, diperlukan pelatihan serius, terutama berlatih berbicara sebagai pemandu perjalanan atau guiding on the bus. 

Latihan khusus sebagai pemandu perjalanan atau guiding on the bus sangat diperlukan bagi Tour Leader, sehingga dapat meningkatkan kemampuan memandu para wisatawan atau peserta umroh.

Karena itu, ITMA melakukan pelatihan dan praktek (edutrip) guiding on the bus, menjadi seorang Tour Leader atau  pemimpin perjalanan handal dalam kendaraan bis. 

 

"ITMA merupakan wadah yang tepat untuk membawa para tamu Allah dalam menunaikan panggilan ke baitullah,” jelas Iman Kadarisman, sambil menambahkan bahwa anggota ITMA dibekali bukti kompetensi melalui Sertifikasi BNSP.

Hal senada disampaikan Yant Subiyanto, Penasehat ITMA DPD Jateng, bahwa para pelaku Tour Leader telah dibekali kemampuan spiritual untuk melayani jama’ah umroh. 

Terkait kemampuan tersebut, Tour Leader harus berkemampuan teknis, sehingga benar-benar professional, kompeten, mempunyai karakter kuat serta memiliki sertifikasi profesi dari BNSP.

Yant Subiyanton menambahkan, milad ke-3 ITMA ini difokuskan untuk meningkatkan kemampuan para Tour Leader, terutama dalam pelayanan dan kemampuan berbicara di dalam bus atau guiding on the bus.

“Saat ini milad ke-3 ITMA berada di Batang dan Dieng Wonosobo, Jawa Tengah yang merupakan pusat sentral Jawa Tengah, sekaligus sebagai momentum kuat untuk berkolaborasi antar pelaku usaha Tour dan Travel," jelas Yant Subiyanto. 

Sementara Ketua DPD ITMA Jateng, Rochmad Sugiarto memaparkan bahwa ITMA sudah melahirkan para tour leader profesional bersertifikat secara sah diakui negara dari lembaga BNSP.

 

“Bagi yang ingin meningkatkan kemampuan dan kapasitas diri bisa mendaftarkan diri ke ITMA untuk menjadi TL yang handal dan profesional,” ujar Rochmad Sugiarto.
 
Kegiatan yang digelar Kamis (5/9/2024) sampai Jumat (6/9/2024) ini diikuti para Tour Leader dari berbagai daerah di Indonesia, baik pengurus DPP ataupun DPD. 

Semoga tulisan tentang Milad ke-3 Indonesia Tour Leader Moslem Association (ITMA), Ini yang Dilakukan, dapat bermanfaat bagi para pembaca, jangan lupa share dan nantikan selalu tulisan lain hanya di iNewsbadung.id. ***

Topik Menarik