Liburan ke Sentul Singgah ke Kampung Cibuluh Mengenal Batik Unik Khas Jawa Barat 

Liburan ke Sentul Singgah ke Kampung Cibuluh Mengenal Batik Unik Khas Jawa Barat 

Travel | inews | Sabtu, 26 Oktober 2024 - 09:42
share

JAKARTA, iNews.id - Pesona keindahan alam yang ada di Sentul sangat menarik untuk dijelajahi. Apalagi jika singgah ke salah satu destinasi wisata yang ada di Kampung Cibuluh, dijamin siapa saja akan betah.

Ya, belakangan ini Kampung Cibuluh menjadi perhatian publik karena dikenal memiliki keunikan dalam melestarikan warisan budaya Nusantara, yaitu batik. Tidak heran jika perkampungan ini dijuluki sebagai Kampung Batik.

Penasaran, seperti apa keunikan Kampung Batik Cibuluh di Sentul Bogor? Berikut ulasannya dirangkum pada Sabtu (26/10/2024).

Wisata Kampung Batik Cibuluh 

Wisata Kampung Batik Cibuluh berlokasi di Kecamatan Bogor Utara yang berbatasan langsung dengan Kecamatan Kemang, Bojong Gede, dan Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor. Kampung Batik Cibuluh didirikan pada 24 Agustus 2019 sebagai Kampung Batik pertama di Kota Bogor dan kawasan penghasil batik cap dan batik tulis klasik, tradisional dan kontemporer. Batik di perkampungan ini identik dengan keanekaragaman ikon khas Kota Bogor.

Kegiatan membatik di Kampung Batik Cibuluh hampir seluruhnya dilakukan manual dengan menggunakan sistem pemberdayaan masyarakat. Wisatawan yang berkunjung, bisa mendapatkan pelatihan membatik. Selain itu bisa juga berswafoto di kawasan kampung batik yang dipenuhi wall painting atau lukisan yang ada pada dinding masing-masing rumah.

Kenalkan warisan kepada wisatawan 

Batik khas Kampung Cibuluh memiliki keunikan. Tidak sedikit wisatawan tertarik dengan batik khas Jawa Barat ini. Bahkan pada perayaan Hari Batik Nasional, para pengrajin mengenalkan warisan budaya Indonesia ini kepada pengunjung yang datang ke Hotel Aston Sentul. Para tamu diajak membatik di teras Barata, lantai 3 hotel. 

Ya, acara ini bertujuan memperkenalkan warisan budaya batik Indonesia kepada tamu hotel, baik pebisnis maupun keluarga yang berlibur. Pada kegiatan tersebut, peserta berkesempatan mempelajari teknik membatik langsung dari para pengrajin batik dari komunitas Kampung batik Cibuluh dan Gaziseri. Dengan sentuhan tradisional, para tamu dapat merasakan proses pembuatan batik khas Jawa Barat yang unik.

Acara ini menciptakan pengalaman mendalam, diiringi alunan musik gending yang menambah suasana harmonis dan kental dengan kearifan lokal. "Selain belajar membatik, tamu juga bisa membeli batik hasil karya pengrajin di batik corner," ujar Indri Hapsari, marcomm manager Aston Sentul. Menariknya, peserta yang ikut kegiatan tersebut mendapat cendera mata berupa sapu tangan batik sebagai kenang-kenangan.

Topik Menarik