Hadapi Tantangan Dinamika Belanja Konsumen, Sun Plaza Terus Berkembang Pesat

Hadapi Tantangan Dinamika Belanja Konsumen, Sun Plaza Terus Berkembang Pesat

Travel | inews | Kamis, 24 Oktober 2024 - 11:40
share

MEDAN, iNews.id -  Sun Plaza, mal dari operator pusat perbelanjaan terbesar di Indonesia, PT Lippo Malls Indonesia terus melakukan pengembangan untuk meningkatkan pengalaman dan kenyamanan berbelanja melalui rekonsep pada gedung mal. Pihaknya juga melakukan pengembangan tenancy mix dengan tujuan memenuhi dinamika kebutuhan masyarakat akan pusat perbelanjaan yang sangat dinamis.

Strategi ini diharapkan akan tetap menjadikan Sun Plaza sebagai salah satu mal legendaris dan signature mall di Kota Medan di tengah pertumbuhan pusat perbelanjaan dan juga dinamika kebutuhan masyarakat akan pusat perbelanjaan. 

Pengembangan tenancy mix menjadi fokus utama dari Sun Plaza dalam menjalankan strategi bisnisnya ditandai dengan hadirnya beberapa tenant baru dan juga relokasi tenant yang telah ada sebelumnya. Relokasi ini bertujuan untuk melakukan peremajaan, baik peremajaan pada konsep dan juga peremajaan pada design interior yang tampil lebih menarik dan modern. 

Pengembangan tenancy mix ini juga sejalan dengan rekonsep yang dilakukan Sun Plaza yang dilakukan secara bertahap dimulai dengan renovasi di beberapa lantai gedung, mengubah posisi koridor yang sebelumnya dua koridor menjadi single corridor, dimana perubahan ini berdampak pada penambahan luas NLA Sun Plaza sebesar 5 persen menjadi menjadi lebih dari 70.000 meter persegi.

Rekonsep juga dilakukan dengan melakukan perluasan unit di lantai Ground, lantai 1 dan 2 dengan melakukan zoning tenant per lantai agar tampak lebih rapi, serta penambahan area island dan specialty unit di area lantai LG. Giant LED yang berlokasi di Main Atrium dan akses parkir ke L3 memberikan kesan modern dan futuristik yang memberikan pengalaman interaktif dan immersive untuk pengunjung Sun Plaza.

Seiring rekonsep yang dilakukan Sun Plaza, SOGO department store yang merupakan anchor tenant, serta signature outlet yang hadir pertama kali di Kota Medan, juga melakukan transformasi dengan menghadirkan konsep yang lebih segar dan modern. Pihaknya memberikan nuansa baru yang jauh lebih menarik pada tampilan mulai dari floor, pencahayaan dan interior yang dominan dengan warna putih, furnitur, serta perubahan layout yang akan membuat customer lebih nyaman berbelanja.

Selain melakukan renovasi, SOGO department store juga menghadirkan beberapa brand baru yang pertama kali hadir dan satu-satunya di kota Medan. Transformasi Sogo Department store masih akan berkelanjutan dan diperkirakan selesai keseluruhan pada Q1-2025. 

Pada Q3 tahun ini, Sun Plaza menghadirkan beberapa tenant dari kategori fashion, entertainment dan juga food and beverages, di antaranya adalah penambahan Playtopia Sports dengan luasan lebih dari 980 meter persegi yang dilengkapi dengan area Ice Skate dengan total luas 585 meter persegi dan menjadi yang ice skating terluas di kota Medan.

Selain itu, Toby’s Estate dan Yogurt Republic merupakan restoran dan snack kekinian yang juga hadir pertama di kota Medan. Beberapa tenant juga memberikan konsep baru yang tampil lebih segar dengan interior yang modern dengan melakukan ekspansi seperti Timezone, Buttonscarves.

Setelah melewati proses relokasi di antaranya Mothercare, Raacha, dan juga Chatime yang telah buka kembali pada 8 September 2024, serta Mie Jaring Nelayan Café yang buka kembali pada 25 September 2025.

Pada Q4 Sun Plaza masih terus menghadirkan tenant seperti Wingstop, dan Hong Tang yang merupakan outlet pertama di Kota Medan, disusul Subway, gerai K3Mart yang turut hadir menambah kelengkapan variasi tenant di SUN Plaza. K3Mart merupakan supermarket yang berkonsep Lifestyle Mart yang digemari oleh pecinta brand Korea.

Mall Direktur Sun Plaza, Yoyana mengatakan bahwa Sun Plaza pada tiga tahun ini telah melakukan banyak transformasi dimana transformasi ini tentunya untuk memberikan layanan yang lebih baik kepada pengunjung setia Sun Plaza melalui beberapa tahap.

"Tahap pertama, kami melakukan renovasi pada beberapa corner Sun Plaza, hal ini untuk memberikan kesan modern, mengingat Sun Plaza merupakan salah satu pusat perbelanjaan yang cukup legendaris di kota Medan," tuturnya.

Tahapan kedua, lanjut Yoyana, yaitu dengan melakukan pengembangan tenancy mix dengan tujuan memberikan tenant yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Medan. Kebutuhan ini mengalami dinamika perubahan yang cukup dinamis, sehingga perlu untuk melakukan pengembangan. 

“Kami berupaya memberikan tenant yang berkualitas dan juga memiliki keunikan pada setiap tenant yang kami hadirkan di Sun Plaza agar Sun Plaza tetap dapat melayani kebutuhan konsumen sesuai dengan kebutuhan masyarakat untuk tetap memberikan unique experience pada setiap kunjungannya," ucapnya. 

Topik Menarik