Wamenparekraf Apresiasi MotoGP Mandalika 2024 Perkuat Promosi Wonderful Indonesia

Wamenparekraf Apresiasi MotoGP Mandalika 2024 Perkuat Promosi Wonderful Indonesia

Berita Utama | inews | Selasa, 1 Oktober 2024 - 23:57
share

JAKARTA, iNews.id - Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Wakil Kepala Badan Pariwisata Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf/Wakabaparekraf) Angela Tanoesoedibjo mengapresiasi kesuksesan penyelenggaraan MotoGP 2024 Mandalika di Pertamina Mandalika International Circuit pada 27 hingga 29 September 2024. 

"Kami dan seluruh insan pariwisata Indonesia memberikan apresiasi atas kesuksesan penyelenggaraan event sports tourism kelas dunia MotoGP Mandalika tahun 2024," ujar Wamenparekaf Angela saat hadir di hari ketiga MotoGP Mandalika yang merupakan hari balapan, Minggu (29/9/2024).

Wamenparekraf  mengatakan, Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024 di Mandalika tidak hanya sebagai penyelenggaraan event sports tourism berkelas dunia tapi juga ruang promosi yang besar bagi pariwisata Indonesia melalui nation branding "Wonderful Indonesia" ke dunia. 

Kemenparekraf berkolaborasi dengan MGPA (pengelola sirkuit Mandalika) dan Dorna Sports (pemegang hak komersial MotoGP) kembali menempatkan nation branding Wonderful Indonesia di berbagai titik strategis baik di dalam maupun luar lintasan Sirkuit Mandalika, seperti signage, umbul-umbul dan lainnya. Termasuk di truk parade yang digunakan pembalap menyapa para penggemar MotoGP di Mandalika. 

Selain kolaborasi dalam promosi pariwisata Indonesia, Kemenparekraf juga berkolaborasi mendukung penyiapan sarana dan prasarana penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2024. 

"MotoGP yang disiarkan langsung oleh lebih dari 100 saluran televisi di dunia tentu akan memberikan jangkauan yang luas bagi nation branding Wonderful Indonesia," kata Wamenparekraf Angela. 

Penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2024 juga diisi dengan suguhan ragam budaya berupa tari-tarian nusantara yang ditampilkan sebelum balapan kelas MotoGP dimulai. 

Wamenparekraf Angela juga berharap penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2024 memberikan dampak yang luas terhadap industri pariwisata dan ekonomi kreatif termasuk UMKM, melebihi pencapaian di tahun lalu. 

Diketahui, event MotoGP Mandalika 2023 menyedot lebih dari 102 ribu penonton dan memberikan dampak terhadap kenaikan PDB nasional sebesar Rp3,59 hingga Rp4,30 triliun. 

"Bersama pihak terkait kami juga akan menerjunkan tim untuk melakukan kajian dampak dari penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2024," kata Angela. 

Sesi balapan Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024 (MotoGP Mandalika) sendiri berlangsung amat seru. Pembalap Pramac Racing, Jorge Martin keluar sebagai juara setelah menjadi yang tercepat kala melumat 27 putaran aspal sirkuit Mandalika yang memiliki panjang 4,3 kilometer ini. Sementara di posisi kedua ada Pedro Acosta dan Francesco Bagnaia di peringkat ketiga.

Seri pembuka dalam tur asia MotoGP 2024 ini juga meninggalkan cerita lain di mana ada sembilan pembalap yang gagal finish. Mereka di antaranya adalah duo kakak beradik, Marc Marquez dan Alex Marquez dari Gresini Racing. 

Alex Marquez mengalami crash di tikungan pertama saat balapan baru dimulai sementara sang kakak mengalami masalah yang membuat motornya terbakar saat balapan menyisakan 15 putaran. 

Turut hadir mendampingi Wamenparekraf Angela, Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Event) Kemenparekraf/Baparekraf, Vinsensius Jemadu.

Topik Menarik