5 Desa di Lumajang Punya Pemandangan Menakjubkan, Dikelilingi Gunung Suasananya Sejuk 

5 Desa di Lumajang Punya Pemandangan Menakjubkan, Dikelilingi Gunung Suasananya Sejuk 

Travel | inews | Sabtu, 21 September 2024 - 12:14
share

JAKARTA, iNews.id - Desa di Lumajang harus dikunjungi minimal sekali dalam seumur hidup. Beberapa desa yang tersembunyi menyimpan pemandangan menakjubkan membuat siapa saja betah untuk berlama-lama. 

Perlu diketahui, Lumajang adalah kabupaten di Provinsi Jawa Timur yang terletak di bagian timur pulau Jawa. Lumajang dikenal dengan keindahan alamnya, seperti gunung, air terjun, dan pantai. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Probolinggo di utara, Kabupaten Malang di barat, Kabupaten Jember di timur, dan Samudera Hindia di selatan.

Beberapa tempat wisata terkenal di Lumajang antara lain Gunung Semeru, Air Terjun Tumpak Sewu, Ranu Kumbolo, dan Pantai Watu Godeg. Namun, di balik keindahan alamnya, desa di Lumajang harus dikunjungi. Penasaran, seperti apa keindahan desa di Lumajang? Berikut ulasannya dirangkum pada Sabtu (21/9/2024).

Desa di Lumajang

1. Desa Ranupani

Desa Ranupani harus dikunjungi minimal sekali dalam seumur hidup. Desa ini terkenal sebagai pintu masuk menuju Gunung Semeru, gunung tertinggi di Pulau Jawa. Ranupani dikelilingi oleh danau dengan pemandangan pegunungan yang indah. Desa ini juga menjadi tujuan bagi para pendaki. Di sini juga terdapat Danau Ranupani, jalur pendakian Gunung Semeru, dan keindahan alam hutan tropis. Desa Ranupani, berada di Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

2. Desa Argosari

Desa Argosari terkenal dengan spot pemandangan di kawasan B29 yang menawarkan panorama lautan awan. Dari sini, pengunjung bisa menikmati pemandangan Gunung Semeru, Gunung Bromo, dan Gunung Batok. Wisatawan yang ingin singgah ke desa ini bisa harus berkunjung ke Bukit B29, perkebunan kopi, serta spot-spot untuk menikmati sunrise. Desa Argosari berlokasi di Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

3. Desa Pasrujambe

Selanjutnya ada Desa Pasrujambe yang dikenal karena wisata air terjun eksotis. Salah satunya adalah Air Terjun Kapas Biru yang menawarkan suasana alami dan segar. Ya, wisatawan dapat menikmati keindahan Air Terjun Kapas Biru, Air Terjun Tumpak Sewu, hingga wisata trekking di hutan. Desa Pasrujambe berlokasi di Kecamatan Pasrujambe, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

4. Desa Sumbermujur

Selanjutnya ada Desa Sumbermujur. Desa ini berada di kawasan kaki Gunung Semeru dan dikenal dengan Wisata Hutan Bambu yang menawarkan kesejukan dan pemandangan hijau. Desa ini memiliki Hutan Bambu, Pemandian Sumber Mrutu, serta spot berkemah. Desa Sumbermujur berlokasi di Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

5. Desa Ranu Klakah

Desa ini terkenal dengan Danau Klakah yang merupakan danau vulkanik dengan latar belakang Gunung Lamongan, menciptakan pemandangan yang menakjubkan. Berada di sini, Anda seakan seperti ada di luar negeri. Di desa ini terdapat pemandangan Danau Klakah, dan Anda bisa berwisata perahu, serta memancing. Desa Ranu Klakah berlokasi di Kecamatan Klakah, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Itulah desa di Lumajang yang harus dikunjungi. Setiap desa di Lumajang menawarkan pesona alam yang beragam, dari pegunungan, danau, hingga air terjun yang memukau.

Topik Menarik