5 Tahun Berdiri, Azana Hotels and Resorts Kelola 90 Hotel, Dicky Sumarsono : Kuncinya Inovasi

5 Tahun Berdiri, Azana Hotels and Resorts Kelola 90 Hotel, Dicky Sumarsono : Kuncinya Inovasi

Travel | muria.inews.id | Senin, 2 September 2024 - 15:50
share

SOLO,iNewsMuria.id-Sejak berdiri 5 tahun lalu, hingga tahun 2024 ini, Azana Hotels and Resorts 90 hotel yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

Lagi pula, angka okupansi atau tingkat hunian kamar hotel juga cukup tinggi, yaitu di atas 70 persem. Meski okupansi ada yang 60 persen atau 55 persen, tapi banyak yang 90 persen.

"Saat ini ada 81 hotel yang kami kelola tapi hingga akhir 2024 nanti ada 90 hotel, paling banyak berada di Pulau Jawa," kata CEO Azana Hotels & Resorts, Dicky Sumarsono.

Hal itu dikatakan kepada wartawan usai launching Azana Digital Innovation : Chapter 2, yang menandai langkah penting transformasi digital di industri perhotelan.

Dalam launching di Azana Office Building, Senin (2/9/3024), Azana Hotels & Resorts mempersembahkan tiga produk inovasi digital terbaru, yakni Azana Academy, Good Deals, dan A-Solution.

"Dengan memperkenalkan tiga produk digital unggulan ini, Azana Hotels & Resorts siap mengubah cara pengelolaan dan pengalaman di dunia perhotelan," kata Dicky Sumarsono.

Lebih lanjut Dicky menjelaskan, Azana Academy adalah langkah nyata untuk meningkatkan kualitas SDM di industri perhotelan. Azana Hotels & Resorts menghadirkan Azana Academy, yang merupakan platform edukasi perhotelan berbasis online buatan Azana Hotels & Resorts dengan solusi terlengkap hanya dalam satu aplikasi.

Dalam Azana Academy terdapat :
1. Victoria Hotel School, sebuah sekolah perhotelan yang terintegrasi dengan Azana Hotels & Resorts.
2. Revolusi Bisnis Hotel, Program Webinar & Workshop bisnis hotel oleh Dicky Sumarsono, CEO & Founder Azana Hotels & Resorts.
3. ALDP (Azana Leaders Development Program), adalah program pengembangan karyawan maupun hotelier yang sedang dikembangkan oleh Azana. ALDP berisi kursus online & offline oleh pembicara yang ahli dari berbagai bidang di industri hotel.

Untuk Good Deals, lanjut Dicky Sumarsono, adalah platform untuk memahami pentingnya manajemen harga yang efektif di berbagai channel online travel, Azana Hotels & Resorts. Platform ini dirancang khusus untuk membantu para pelaku industri perhotelan mengelola harga kamar secara efisien dan strategis.

Good Deals memungkinkan hotel hotel untuk mengoptimalkan pendapatan dengan penetapan harga yang dinamis, didukung oleh analisis data yang akurat, serta integrasi yang mulus dengan berbagai platform OTA (Online Travel Agent).

Sementara itu, A-Solution untuk mendukung operasional hotel yang lebih efektif dan efisien. Platform ini menyediakan solusi menyeluruh untuk pengelolaan hotel, mencakup sistem keuangan, reservasi, pengaturan ketersediaan kamar, hingga analisis bisnis. A-Solution dirancang untuk menyederhanakan proses manajemen hotel sekaligus meningkatkan kualitas layanan melalui integrasi teknologi yang canggih.

“Dengan peluncuran Azana Digital Innovation : Chapter 2, kami bertujuan untuk memperkuat posisi Azana Hotels & Resorts sebagai pemimpin inovasi di industri perhotelan,” kata Dicky Sumarsono, CEO & Founder Azana Hotels & Resorts.

“Hal ini juga selaras dengan visi kami pada chapter 2 ini yang bertajuk : REBUILD THE FUTURE. Kami berusaha menyempurnakan, menyatukan serta mengumpulkan partikel-partikel dan komponen inovasi sehingga dapat menjadi satu kesatuan yang utuh kedepannya."(*)

Topik Menarik