Buleleng Punya Daya Tarik Kriya Unggulan, Sandiaga Uno Ajukan Masuk UNESCO Creative Cities Network

Buleleng Punya Daya Tarik Kriya Unggulan, Sandiaga Uno Ajukan Masuk UNESCO Creative Cities Network

Travel | inews | Senin, 2 September 2024 - 12:53
share

BULELENG, iNews.id - Pesona keindahan alam yang ada di Buleleng Bali, sangat menarik untuk dijelajahi. Kabupaten ini tidak hanya memiliki destinasi wisata menakjubkan, tapi juga mempunyai subsektor kriya yang jadi unggulan.

Maka itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mendukung upaya pengajuan Kabupaten Buleleng sebagai UNESCO Creative Cities Network (UCCN). 

Menparekraf Sandiaga dalam kegiatan "KaTa Kreatif" yang berlangsung di Taman Budaya Buleleng, Jumat (30/8/2024) malam, mengatakan, sebelumnya Kemenparekraf telah menetapkan enam kabupaten/kota kreatif tahun 2024 dan salah satunya Kabupaten Buleleng dengan subsektor kriya sebagai unggulan. 

"Potensinya memang sangat luar biasa, kita lihat produk-produk ekonomi kreatifnya dan Kabupaten Buleleng telah ditetapkan menjadi kabupaten kreatif yang siap untuk kita ajukan menjadi kabupaten kreatif dunia melalui proses UNESCO," kata Menparekraf Sandiaga. 

Indonesia sudah memiliki tiga kota yang mendapat predikat UCCN yaitu Pekalongan kategori crafts and folk art, Bandung kategori desain, dan Ambon kategori musik.

Dengan legitimasi dari UNESCO tentu akan memberikan dampak yang besar. Tidak hanya pada keberlanjutan dan kelestarian potensi seni dan budaya yang ada, juga secara tidak langsung menjadi sarana promosi yang efektif. Dengan begitu minat wisatawan untuk datang ke Indonesia khususnya Buleleng akan meningkat dan masyarakat akan lebih sejahtera.

Penetapan ini secara otomatis juga akan menjadikan suatu wilayah sebagai ekosistem yang dipantau langsung oleh UNESCO agar para pelakunya konsisten melestarikan seni pertunjukan, budaya, dan kegiatan-kegiatan event tahunan yang ada.

"Ada 17 subsektor di ekonomi kreatif sesuai dengan Undang-Undang Nomor 24 tahun 2019 yang dapat dipilih, Buleleng telah memilih kriya sebagai subsektor penghela. Dan subsektor pendukungnya ini juga harus disiapkan mulai dari kuliner, fesyen, musik, film, seni pagelaran, juga ada aplikasi permainan dan lain sebagainya," kata Menparekraf Sandiaga. 

Kehadiran workshop ini menjadi dukungan Kemenparekraf dalam menghadirkan ruang diskusi antara Kemenparekraf, Pemerintah Kabupaten, hingga pelaku seni agar menemukan inovasi, ide, atau langkah strategis yang mampu membawa Buleleng nantinya mendapat pengakuan UNESCO sebagai Creative Cities Network kategori seni kriya.

"Oleh karena itu kami juga harus mempersiapkan melalui peningkatan interkoneksinya. Tadi ada bicara mengenai jalan tol, bandara, maupun jalur laut. Kami juga melihat peluang untuk peningkatan kapasitas melalui pelatihan promosi dan produk-produk karya ekonomi kreatif yang mudah-mudahan bisa menjadi daya tarik Buleleng yang lebih baik," ujar Menparekraf Sandiaga. 

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Pj. Bupati Buleleng, Ketut Lihadnyana; dan Direktur Infrastruktur Ekonomi Kreatif Kemenparekraf, Oneng Setyaharini.

Topik Menarik