Rekomendasi Hangout Anti-Mainstream, Melihat Indahnya Karya Seni Rupa di Pameran Lukisan Tatap Rupa 2

Rekomendasi Hangout Anti-Mainstream, Melihat Indahnya Karya Seni Rupa di Pameran Lukisan Tatap Rupa 2

Travel | inews | Kamis, 29 Agustus 2024 - 09:24
share

TANGERANG SELATAN, iNews.id - Rekomendasi hangout anti-mainstream di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan, yang satu ini sayang untuk dilewatkan. Terlebih jika Anda pencinta lukisan. 

Di T-Space Gallery Dokter Tompi, Jalan Jombang Raya Nomor 32, Bintaro, Tangerang Selatan, sedang berlangsung pameran lukisan yang diberi tajuk 'Tatap Rupa 2'. Terdapat banyak lukisan karya para alumni Seni Rupa UNJ/IKIP Jakarta di sana. 

Pameran lukisan ini merupakan kelanjutan dari Pameran Tatap Rupa 1 yang telah sukses dilaksanakan di Pop Up Gallery Talenta Plaza Indonesia pada 18 Februari hingga 18 Maret 2024. 

Bukan sekadar pameran lukisan biasa, agenda ini dirancang untuk memperkuat ikatan antara para alumni yang telah menempuh jalan hidup dan karier yang beragam. Dengan hadirnya acara ini, para alumni juga menunjukkan kalau komunitas mereka tidak hanya mampu menciptakan karya-karya yang berkualitas tinggi, tapi berperan aktif juga dalam memajukan dan memperkaya seni rupa Indonesia. 

Hal itu juga yang disampaikan oleh Sarnadi Adam, Pembina Komunitas Tatap Rupa sekaligus Maestro Pelukis Betawi yang juga pensiunan dosen seni rupa UNJ. Menurutnya, seorang seniman harus saling berkolaborasi, supaya bisa bertahan di masa seperti sekarang. 

Pameran Lukisan Tatap Rupa 2
Pameran Lukisan Tatap Rupa 2

"Harus tetap semangat menghadapi gelombang seni rupa kedepan. Ini harus disepakati, karena dengan sepakat kita bisa bertahan, kita bisa mengisi kota Jakarta ini menjadi kota seni, kota kebudayaan, kota global," kata Sarnadi saat membuka acara pameran lukisan Tatap Rupa 2, Rabu malam (28/8/2024). 

"Saya cukup yakin, suatu saat alumni mampu mengglobal, baik secara kelompok maupun perorangan. Ini jalan lurus kita untuk mencapai apa yang kita inginkan yaitu menjadi warga global di dalam seni rupa Indonesia," ujarnya menambahkan. 

Ada karya lukisan apa saja di pameran Tatap Rupa 2?

Di pameran lukisan ini, pengunjung dan pencinta seni akan dimanjakan oleh begitu banyak karya lukisan yang menggambarkan keberagaman artistik para pelukis. Jadi, setiap karya yang dipamerkan mencerminkan perjalanan kreatif yang unik sekaligus mengekspresikan kepribadian dan nilai-nilai budaya yang dipegang teguh para seniman. 

Para pelukis di pameran lukisan Tatap Rupa 2
Para pelukis di pameran lukisan Tatap Rupa 2

Siapa saja pelukis yang terlibat di pameran ini? 

Ada Pelukis Maestro Betawi Sarnadi Adam, Masagung Kirasave sebagai Ketua Tatap Rupa, Marwan sebagai Ketua Tatap Rupa 2, Yuli Riban, Prasetya Gautama, Saffa Inayati, Yuhaslinda Jamal, Fetty Fatimah, KinKin, Nasrul, Deden Hamdani, Jan Praba, Pupung Pursita, Shamady Nura, Achmad Hidayat. 

Lalu, ada juga Luthfia Ayu Islami, Agus Astoro, Toto Prastowo, Ajul Jiung, Sahat Simatupang, R. Irni Arfiyanti, Indah Mulyani, Amir Syarifudin, dan Nursahid Effendy. 

Tujuan pameran lukisan

Dengan adanya pameran ini, diharapkan juga dapat membuka jalan lebih banyak kegiatan seni rupa di masa mendatang, yang mana Alumni Seni Rupa UNJ/IKIP Jakarta akan menjadi penggerak utamanya. 

Melalui pameran ini juga, komunitas Alumni Seni Rupa UNJ/IKIP Jakarta berharap dapat memberi kontribusi nyata dalam membentuk kepribadian dalam kebudayaan Indonesia. 

Beberapa lukisan para alumni UNJ/IKIP Jakarta yang dipamerankan di Pameran Lukisan Tatap Rupa 2
Beberapa lukisan para alumni UNJ/IKIP Jakarta yang dipamerankan di Pameran Lukisan Tatap Rupa 2

Komunitas Alumni Seni Rupa UNJ/IKIP Jakarta punya satu visi melalui pameran ini yaitu event seni rupa yang diperhitungkan di Jabodetabek. Artinya, ada keyakinan bahwa dengan semangat persaudaraan dan kolaborasi, komunitas ini dapat menciptakan lingkungan seni yang dinamis dan inspiratif. 

Jadi, setiap seniman, baik yang sudah mapan maupun yang baru merintis karier, dapat mengambil andil dengan berbagi pengalaman dan gagasan. 

Pameran Tatap Rupa 2 berlangsung dari 28 Agustus hingga 28 Oktober 2024, di T-Space Gallery Dokter Tompi di Jalan Jombang Raya Nomor 32, Bintaro, Tangerang Selatan.

Topik Menarik