Desa di Klaten Harus Dikunjungi Minimal Sekali Seumur Hidup, Ada Bangunan Mirip Istana Negara IKN

Desa di Klaten Harus Dikunjungi Minimal Sekali Seumur Hidup, Ada Bangunan Mirip Istana Negara IKN

Travel | inews | Sabtu, 24 Agustus 2024 - 18:53
share

JAKARTA, iNews.id - Desa di Klaten, Jawa Tengah, sangat menarik untuk dijelajahi. Apalagi jika singgah ke salah satu desa yang ada di Kecamatan Polanharjo, dijamin siapa saja akan betah untuk berlama-lama.

Ya, Desa Sidowayah belakangan ini viral di kalangan netizen. Sebab, pada momen HUT ke-79 RI, upacara bendera digelar di Gedung Istana Siblarak. Gedung ini menjadi daya tarik karena memiliki desain mirip dengan Istana Negara di Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur.

Penasaran, seperti apa Istana Negara yang mirip di IKN ini? Berikut ulasannya dirangkum pada Sabtu (24/8/2024).

Desa di Klaten

Perlu diketahui, Klaten menyimpan banyak desa menakjubkan untuk dijelajahi. Klaten adalah kabupaten yang terletak di provinsi Jawa Tengah yang terkenal dengan situs bersejarah dan budaya, termasuk Candi Prambanan yang merupakan salah satu candi Hindu terbesar di Indonesia dan Situs Ratu Boko.

Selain itu, Klaten memiliki banyak desa wisata yang menawarkan keindahan alam dan kekayaan budaya, seperti Desa Wisata Ponggok yang terkenal dengan wisata airnya. Saat berada di Klaten Anda akan takjub dengan salah satu desa yang membangun gedung layaknya Istana Negara di IKN. Ya, Istana tersebut adalah Istana Siblarak. Warga Desa Sidowayah menyebutnya sebagai IKN (Istana Kedaton Nagari) Sidowayah.

Istana Siblarak merupakan bangunan baru yang terinspirasi oleh Istana Negara, namun dengan skala yang lebih kecil dan sederhana. Istana ini terletak di Desa Sidowayah, memiliki luas 17 x 8 meter persegi, jauh lebih kecil dibandingkan dengan Istana Negara.

Pembangunan Istana Siblarak dimulai pada Juli 2024 dan selesai dalam waktu dua bulan, tepat pada 14 Agustus 2024. Istana Siblarak dibangun dengan konsep arsitektur yang sama dengan Istana Negara, namun dengan beberapa perbedaan. Salah satu perbedaannya adalah jumlah tiang penyangga. Jika Istana Negara memiliki enam tiang, Istana Siblarak hanya memiliki empat tiang.

Perlu diketahui, inspirasi pembangunan Istana Siblarak berasal dari proyek pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) oleh Presiden Joko Widodo. Melihat hal tersebut, pihak desa merasa termotivasi untuk membangun sesuatu yang serupa di tingkat desa.

Rencananya, pusat pemerintahan Desa Sidowayah akan dipindahkan ke Istana Siblarak, sementara kantor desa yang lama akan digunakan untuk kegiatan warga, seperti kegiatan PKK dan lainnya. Tidak hanya berfungsi sebagai pusat pemerintahan desa, Istana Siblarak juga dirancang untuk menunjang pariwisata di Desa Sidowayah.

Istana Siblarak pertama kali digunakan pada 17 Agustus 2024, saat dipakai untuk upacara bendera dalam rangka memperingati HUT ke-79 Republik Indonesia. Bangunan ini terletak di kawasan komplek wisata umbul Siblarak, yang menambah daya tarik wisata di desa tersebut.

Itulah seputar Desa di Klaten yang menyimpan banyak keunikan. Bahkan salah satu desanya membangun gedung yang mirip Istana Negara IKN. Bagaimana, penasaran untuk berkunjung?

Topik Menarik