Viral Pendaki Nyaris Kena Erupsi di Gunung Dukono saat Momen HUT RI, Netizen: Macam Iron Man Aja!

Viral Pendaki Nyaris Kena Erupsi di Gunung Dukono saat Momen HUT RI, Netizen: Macam Iron Man Aja!

Travel | inews | Senin, 19 Agustus 2024 - 20:06
share

JAKARTA, iNews.id - Video mengerikan di kawah Gunung Dukono, Maluku, menjadi sorotan banyak orang. Ya, video yang diunggah oleh Instagram @anak_esa ini memperlihatkan belasan pendaki hampir dihantam material erupsi Gunung Dukono.

Perlu diketahui, Dukono merupakan gunung aktif yang terletak di utara Pulau Halmahera, Maluku. Namun, gunung ini masih saja didaki oleh beberapa orang yang melakukan summit ke puncak Dukono di momen 17 Agustus.

Detik-detik mencekam terlihat di video tersebut. Saat para pendaki mencapai puncak gunung berketinggian 1.335 mdpl itu, tiba-tiba Gunung Dukono memuntahkan materialnya. Sontak saja belasan pendaki yang berada di titik pusat kawah Gunung Dukono itu langsung berlarian menyelamatkan diri.

"Detik-detik pendaki hampir dihantam material erupsi ketika summit ke puncak Dukono pas momen 17 Agustus 2024,” tulis akun tersebut.

Akun itu juga menyebut, aktivitas Gunung Dukono sedang tinggi hingga muntahan materialnya terlempar keluar dari kawahnya. Para pendaki pun disarankan untuk melakukan observasi terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk summit ke area puncak gunung.

"Observasi dulu arah angin, seberapa kuat erupsinya, serta pertimbangan lainnya. Jangan memaksakan untuk summit ketika situasi tidak memungkinkan," kata akun tersebut.

Video penampakan momen mencekam para pendaki yang hampir dihantam material erupsi Gunung Dukono itu lantas viral dan sukses mencuri perhatian warganet.

Banyak yang mengecam aksi para pendaki yang dinilai terlalu nekat. Bahkan, banyak yang menyebut mereka rela bertaruh nyawa hanya demi mendapatkan konten.

"Asalkan dapet konten, nyawa taruhannya pun tak masalah,” ujar @pur***

"Tutorial mendekatkan diri kepada sang pencipta," kata @har***

"Utamakan keselamatan. Gunungnya gak kemana-mana kok," kata @bli***

"Ngeri-ngeri syedap," ujar @biz***

"Macam iron man aja main2 di kawah Gunung berapi aktif," kata @feb***.

Topik Menarik