6 Danau di Jakarta dan Sekitarnya Punya Pemandangan Cantik, Harus Dikunjungi Sebelum Ramai

6 Danau di Jakarta dan Sekitarnya Punya Pemandangan Cantik, Harus Dikunjungi Sebelum Ramai

Travel | inews | Kamis, 12 September 2024 - 11:10
share

JAKARTA, iNews.id - Memilih liburan di Jakarta bisa menjadi pilihan tepat saat akhir pekan. Selain ada Monas, TMII, dan Ancol, kawasan Jakarta juga memiliki wisata danau. 

Setu atau danau sering dijadikan destinasi wisata favorit masyarakat Jakarta dan sekitarnya. Selain tiket masuknya murah, ada banyak wahana bermain yang bisa dinikmati.

Objek wisata yang murah meriah ini bisa menjadi alternatif bagi Anda yang ingin santai bersama keluarga. Ingin tahu di mana saja danau paling populer di sekitar Jakarta yang bisa dikunjungi? Berikut ulasannya dirangkum pada Kamis (12/9/2024).

1. Danau Sunter 

Danau Sunter sangat populer di Jakarta, terletak di kawasan Sunter, Jakarta Utara. Terletak tidak jauh dari kawasan bisnis dan perumahan, danau ini mudah diakses melalui Jalan Danau Sunter Utara atau Jalan Danau Sunter Selatan. Ada fakta sejarah yang menarik di balik pembuatan danau ini. Awalnya, danau ini merupakan bekas tambang pasir yang kemudian dikembangkan menjadi area rekreasi publik pada tahun 1980-an. Pengunjung dapat menikmati berbagai kegiatan di sekitar danau, seperti piknik di tepi danau, bersepeda mengelilingi area, atau sekadar bersantai menikmati pemandangan.

2. Danau Babakan

Danau Babakan berada di wilayah Jakarta Selatan, menawarkan wisata yang teduh karena banyak pohon rindang. Selain pemandangan setu dan pepohonan, fasilitas di Setu Babakan terbilang lengkap. Mulai dari kafe dan restoran hingga tempat penyewaan sepeda untuk mengelilingi setu. Tak hanya itu, sejumlah rumah adat Betawi juga bisa dikunjungi wisatawan. Di hari-hari tertentu, ada acara bertemakan Betawi yang digelar.

3. Danau Rawa Besar

Danau Rawa Besar biasa disebut oleh masyarakat setempat sebagai Setu Lio. Lokasinya cukup mudah ditemui karena berada di sebelah Jalan Raya Nusantara, Depok. Setu Rawa Besar sudah dipercantik dengan adanya taman, jogging track, dan masih banyak lagi. Masyarakat juga memanfaatkan Setu Rawa Besar untuk memancing ikan.

4. Danau Cilodong

Pemerintah Kota Depok menjadikan Setu Cilodong sebagai danau wisata seperti Setu Babakan. Terletak di Jalan Raya Abdul Gani, Cilodong, Depok ini menawarkan berbagai wahana bermain seperti waterball dan perahu bebek dengan tarif mulai Rp10.000 serta area memancing.

5. Danau Jatijajar

Sama seperti Danau Babakan, Danau Jatijajar juga cukup asri karena dikelilingi sejumlah pohon jati, yang merupakan cikal bakal penamaan danau tersebut. Setu Jatijajar menghadirkan wahana bermain seperti perahu bebek dengan tarif Rp10.000 dan juga area memancing. Tak hanya itu, pengunjung juga dapat merasakan ketenteraman salat di Mushola Al-Karomah yang konon telah berdiri sejak zaman Belanda.

6. Danau Pengasinan

Danau ini lokasinya cukup terpencil karena berada di dalam kampung Pengasingan, Sawangan, Depok. Meski demikian, tak sedikit pengunjung yang datang ke setu ini, khususnya sore hari. Wahana yang di tawarkan di Setu Pengasinan adalah area memancing, jogging track dan sepeda air.

Topik Menarik