Terpikat Desa Wisata Jatimulyo Kulonprogo, Sandiaga Uno Dukung Rute Baru Penerbangan YIA-Tokyo

Terpikat Desa Wisata Jatimulyo Kulonprogo, Sandiaga Uno Dukung Rute Baru Penerbangan YIA-Tokyo

Travel | inews | Sabtu, 20 Juli 2024 - 12:04
share

KULONPROGO, iNews.id - Pesona Desa Wisata Jatimulyo di Kulonprogo dikenal memiliki keindahan alam menakjubkan. Bahkan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno terpikat dengan pemandangan alamnya.

Sandiaga Uno menyebut Desa Wisata Jatimulyo potensial dikembangkan. Maka itu, perlu dibuka rute penerbangan internasional di Bandara Internasional Yogyakarta (YIA). Potensi yang ada di Desa Wisata Jatimulyo, Kulonprogo banyak dicari wisatawan asal India dan beberapa negara di Asia Utara dan Timur Tengah.

"Nanti akan ada penerbangan langsung dari Dubai, tokyo dan Doha,” kata Sandiaga Uno, usai mengunjungi Desa Wisata Jatimulyo, Girimulyo, Kulonprogo dalam rangkaian Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2024, Jumat (19/7/2024).

Menurut Sandiaga, potensi Desa Wisata Jatimulyo sangat diminati wisatawan mancangera khususnya dari Asia Utara, Timur Tengah dan India. Apalagi jarak dari Bandara YIA juga hanya satu jam saja. Selain itu juga akan dipasarkan di ASEAN, sehingga harus ada rute dari Vietnam dan Thailand.

Sandiaga mengaku sudah banyak mengetahui potensi desa wisata Jatimulyo. Dari cerita legenda Gua Kiskenda yang letaknya tertinggi, hingga air suci yang biasa dipakai untuk kegiatan Waisak. Bahkan ada empat desa wisata yang mendukung Desa Wisata.

“Saya harap ini bisa menjadi kawasan community base tourism. Apalagi 10 persen masyarakat bersinggungan dengan pariwisata,” kata Sandi.

Penjabat Bupati Kulonprogo Srie Nurkyatsiwi mengucapkan terima kasih atas dukungan Kementerian Pariwisata dalam mengembangkan pariwisata di Kulonprogo. Selama empat tahun berturut-turut meraih penghargaan ADWI merupakan bukti kerja keras, kerja bersama dari seluruh elemen masyarakat. "Semoga kejuaraan ini mampu membawa impact kesejahteraan masyarakat," katanya.

Topik Menarik