Sandiaga Uno Terpikat Keindahan Kulonprogo, Sebut Desa Wisata Jatimulyo Bisa Jadi Daya Tarik Wisman 

Sandiaga Uno Terpikat Keindahan Kulonprogo, Sebut Desa Wisata Jatimulyo Bisa Jadi Daya Tarik Wisman 

Travel | inews | Sabtu, 20 Juli 2024 - 12:01
share

KULONPROGO, iNews.id - Keindahan alam yang ada di Kulonprogo dikenal sangat menakjubkan. Bahkan, potensi pariwisatanya bisa dikembangkan untuk menarik wisatawan mancanegara (wisman)

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengunjungi desa wisata Jatimulyo yang terletak di Kelurahan Jatimulyo, Kapanewon Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo, Jumat (19/7/2024). Sandiaga mengaku terkesan dengan potensi yang ada bisa dikembangkan untuk menarik wisatawan mancanegara.

"Selamat ini sudah dinobatkan sebagai desa wisata hijau dengan energi baru dan terbarukan, kata Sandiaga Uno dalam Visitasi Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2024

Sandiaga mengatakan, Kulonprogo bukan hal baru dalam pengembangan desa wisata. Selama empat tahun berturut-turut selalu menjadi yang terbaik. Kini Desa Wisata Jatimulyo kembali masuk dalam 50 ADWI.

Menurut Sandiaga Uno, dia sudah banyak mendengar mengenai potensi yang ada. Dari cerita wisata gua yang lokasinya tertinggi, air yang mengalir dari sumber alami untuk kegiatan Hari Waisak hingga keberadaan empat desa wisata di sekelilingnya.

Saya harap ini bisa menjadi kawasan community base tourism. Apalagi 10 persen masyarakat bersinggungan dengan pariwisata," kata Sandiaga

Politisi PPP ini juga akan mendorong adanya penerbangan langsung dari luar negeri. Jika tidak ada hambatan akan ada penerbangan langsung Dubai, Tokyo dan Doha. Potensi yang ada di Jatimulyo sangat diminati wisatawan dari Asia Utara dan Timur Tengah dan India.

Nanti juga akan dibuka penerbangan ke Thailand dan Vietnam. Lokasi ini hanya satu jam dari Bandara YIA bisa dipasarkan untuk ASEAN, ujarnya.

Penjabat Bupati Kulonprogo Srie Nurkyatsiwi mengucapkan terima kasih atas dukungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam mengembangkan pariwisata di Kulonprogo. Empat kali berturut-turut meraih penghargaan ADWI merupakan bukti kerja keras, kerja bersama dari seluruh elemen masyarakat.

Semoga kejuaraan ini mampu membawa impact kesejahteraan masyarakat, katanya.

Topik Menarik