Seru! Kemenparekraf dan Desa Wisata Wayang Sidowarno Hadirkan Festival Butuh Sidowarno Shadow Puppet 2024

Seru! Kemenparekraf dan Desa Wisata Wayang Sidowarno Hadirkan Festival Butuh Sidowarno Shadow Puppet 2024

Travel | inews | Senin, 12 Agustus 2024 - 14:43
share

KLATEN, iNews.id - Ada banyak cara untuk mengenalkan kekayaan budaya dan tradisi Indonesia. Salah satunya melalui Butuh Sidowarno Shadow Puppet Festival 2024 yang diselenggarakan di Klaten, Jawa Tengah.

Festival ini berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dalam mendukung program inovatif Senandung Dewi (Semarak Event Unggulan di Desa Wisata) 2024.

Event parekraf ini diselenggarakan di Desa Wisata Wayang Sidowarno, Klaten pada 10-11 Agustus 2024 dengan tema utama "Semar Mbangun Kahyangan". Acara ini dihadiri oleh wisatawan lokal maupun wisatawan nusantara, menawarkan pengalaman mendalam tentang kekayaan budaya Indonesia melalui seni wayang kulit yang telah diakui UNESCO sebagai warisan dunia.

Wayang kulit bukan sekadar pertunjukan visual, tetapi juga membawa pesan filosofis dan moral yang dalam, terutama dalam tema "Semar Mbangun Kahyangan" yang mengingatkan akan pentingnya tanggung jawab dan kepedulian dalam membangun serta menjaga kesejahteraan bangsa.

Dalang Ki Catur Nugroho memimpin pertunjukan dengan kepiawaian dan keahlian yang telah dikenal luas di masyarakat. Acara ini juga menampilkan musik gamelan yang memukau, pesinden, dan tari tradisional juga memperkaya pengalaman budaya bagi pengunjung.

"Kami berharap melalui festival wayang kulit ini, masyarakat dapat lebih mengenal dan mencintai kebudayaan tradisional Indonesia terutama wayang kulit, serta ikut berperan dalam pelestariannya sehingga tidak akan punah oleh zaman. Kami juga berharap melalui acara ini, UMKM lokal Desa Wisata Wayang Sidowarno akan tumbuh lebih baik lagi," kata Suraji, Ketua Pokdarwis Desa Sidowarno.

Selain pertunjukan utama, pengunjung juga menikmati berbagai aktivitas pendukung seperti Wayang Puppet Painting Competition, pertunjukan tarian daerah khas Sidowarno, berbagai workshop termasuk pembuatan suvenir wayang, kaligrafi, selop, payet, payung lukis dan gerabah, serta menikmati produk-produk UMKM kuliner lokal seperti jamu tradisional melalui bazar yang diselenggarakan.

Vinsensius Jemadu, Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Acara Kemenparekraf, mengatakan, dia bangga dapat berkolaborasi dengan Butuh Sidowarno Shadow Puppet Festival dalam program Senandung Dewi tahun ini. 

"Ini merupakan event kedua dari enam event di desa wisata yang masuk ke dalam program Senandung Dewi 2024," kata Vinsensius.

Vinsen menambahkan, tujuan diselenggarakan event ini adalah tidak hanya meningkatkan kualitas event pariwisata dan ekonomi kreatif di desa-desa wisata, tetapi juga mendukung kelestarian budaya, khususnya seni budaya wayang seperti yang ada di Desa Wisata Wayang Sidowarno serta ekonomi lokal di Indonesia secara umum.

Topik Menarik