5 Desa di Banyumas Sangat Menakjubkan, Suasananya Ada yang seperti di Swiss Bikin Tenang

5 Desa di Banyumas Sangat Menakjubkan, Suasananya Ada yang seperti di Swiss Bikin Tenang

Travel | inews | Jum'at, 5 Juli 2024 - 19:21
share

JAKARTA, iNews.id - Keindahan alam di Banyumas sangat menarik untuk dijelajahi. Banyumas memiliki pemandangan pegunungan, perbukitan, curug, telaga, dan lainnya, masing-masing memiliki keindahan berbeda.

Salah satu destinasi yang bisa dijelajahi adalah Curug Bayan, Telaga Sunyi, Bukit Bintang Baturraden, dan lainnya. Namun, di balik keindahan alam yang ada di Banyumas, ada beberapa desa yang tersembunyi harus dikunjungi minimal sekali dalam seumur hidup.

Penasaran, ingin tahu di mana saja desa menakjubkan tersembunyi di Banyumas? Berikut ulasannya dirangkum pada Jumat (5/7/2024).

Desa di Banyumas

1. Desa Wisata Ketenger

Keindahan Desa Wisata Ketenger harus dikunjungi saat singgah ke Banyumas. Desa ini menyuguhkan pemandangan indah yang suasananya seperti di perdesaan Swiss. Desa ini terletak di lereng Gunung Slamet dan terkenal dengan pemandangan alam yang indah serta udara sejuk. Berada di sini, Anda bisa menikmati beberapa destinasi seperti Curug Bayan, air terjun yang indah dengan kolam alam menyegarkan. Kemudian, ada Curug Gede, air terjun besar yang menawarkan pemandangan spektakuler. Jika ingin menikmati keindahan perkebunan, Anda bisa singgah ke Kebun Raya Baturraden, kebun botani yang menampilkan berbagai jenis tanaman khas daerah pegunungan. Desa Ketenger berlokasi di Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

2. Desa Wisata Melung

Desa Melung menawarkan pemandangan persawahan yang hijau dan udara segar. Desa ini cocok untuk wisata edukasi pertanian. Beberapa aktivitas yang dapat dinikmati antara lain wisata sawah dan kebun. Pengunjung dapat belajar tentang teknik pertanian tradisional dan modern. Jika ingin kulineran Anda bisa mencicipi hidangan makanan khas desa dengan bahan-bahan segar dari kebun. Desa Melung, berlokasi di Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

3. Desa Wisata Karangnangka

Desa Karangnangka berlokasi di  Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Desa ini menawarkan pemandangan alam hijau dengan banyaknya pepohonan dan sungai yang mengalir. Destinasi utama di desa ini adalah Curug Gomblang, air terjun yang menawarkan keindahan alam yang asri dan tenang. Kemudian, ada Taman Wisata Lembah Silandak, tempat rekreasi dengan pemandangan alam menakjubkan dan spot foto yang menarik.

4. Desa Wisata Pandak

Desa Pandak berlokasi di Kecamatan Sumpiuh, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Desa Pandak terkenal dengan budaya dan tradisi lokalnya yang masih terjaga. Desa ini juga menawarkan pemandangan alam yang indah dengan latar belakang pegunungan. Beberapa destinasi yang bisa dikunjungi antara lain: kerajinan batik. Di sini, terkenal dengan produksi batiknya yang berkualitas tinggi. Jika ingin kulineran Anda bisa menikmati berbagai makanan tradisional khas Banyumas.

5. Desa Wisata Baseh

Desa Baseh berlokasi di Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Desa Baseh menawarkan pemandangan pegunungan yang indah dan sejuk. Beberapa destinasi wisata yang menarik di desa ini yang harus dikunjungi adalah Curug Cipendok, Air terjun yang sangat terkenal di Banyumas dengan ketinggian yang memesona. Kemudian ada Bukit Tranggulasih, tempat ini menawarkan pemandangan panorama pegunungan yang luar biasa, terutama saat matahari terbit.

Itulah seputar desa menakjubkan di Banyumas yang harus dikunjungi. Desa-desa ini menawarkan pengalaman berbeda-beda, mulai dari wisata alam, budaya, hingga kuliner yang dapat dinikmati wisatawan.

Topik Menarik