Sandiaga Uno Apresiasi Pelaku Ekraf di Event AKI 2024 Tangerang: Kalian Telah Jadi Pemenang

Sandiaga Uno Apresiasi Pelaku Ekraf di Event AKI 2024 Tangerang: Kalian Telah Jadi Pemenang

Travel | inews | Sabtu, 8 Juni 2024 - 15:44
share

JAKARTA, iNews.id - Event Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2024 menjadi momen bagi pelaku kreatif mempromosikan produk kepada masyarakat luas. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyebut produk yang dihasilkan pelaku kreatif ini bisa bersaing dengan brand terkenal.

Sandiaga Uno mengatakan, pelaku UMKM patut berbangga karena produk-produk mereka terpilih untuk dipamerkan di salah satu mal besar yang ada di Tangerang untuk bersaing dengan produk luar lainnya.

"Tadi ada produk UMKM dari Lebak, Pandeglang, Serang, Cilegon, dan juga Tangerang Raya ini. Alhamdulillah memiliki UMKM-UMKM yang sangat hebat, dan hari ini mereka kita naik kelaskan ke mal yang sangat legendaris, ujar Sandiaga, saat di wawancara di lokasi.

Dan mereka bisa merasakan bagaimana rasanya naik kelas. Bersaing dengan brang-brand lainnya, kata.

Sandiaga lantas meminta para pelaku UMKM tersebut agar terus semangat untuk memasarkan produk. Dia berharap mereka bisa semakin mengembangkan bisnis agar bisa terus menggerakkan perekonomian bangsa.

Tetap semangat, karena kalian lah telah menjadi pemenang, bisa tampil di Serpong ini sangat megah. Sebuah pencapaian tersendiri. Dan saya harap mereka akan terus mengembangkan bisnisnya sehingga bisa terus menggerakkan ekonomi, tutur Sandiaga.

Tugas kita ke depan mengatasi kemiskinan ekstrem ini tidak bisa sendiri tapi harus berkolaborasi, katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Sandiaga mendorong pelaku ekonomi kreatif, khususnya di Tangerang, untuk memaksimalkan kekuatan digital dalam melakukan promosi juga pemasaran produk.

Menurut Sandiaga, hal tersebut menjadi salah satu strategi para pelaku ekonomi kreatif untuk dapat meningkatkan daya saing juga perluasan akses pasar.

Sandiaga mengatakan, produk-produk karya pelaku ekonomi kreatif Tanah Air memiliki kualitas dan daya saing yang tidak kalah dengan negara asing.

"Hari ini kita melihat para finalis (AKI) dengan produk-produk yang sangat beragam dan memiliki inovasi, dan sangat 'menyala'. Kita berharap mereka bisa mendunia," kata Sandiaga.

Sandiaga mengamini, media digital akan memberikan peranan yang lebih besar dalam meningkatkan daya saing juga akses pasar dari produk-produk tersebut.

Pengguna media digital (di Indonesia) telah mencapai 221 juta orang. Digitalisasi akan membawa kita semakin dikenal dan mendunia sehingga dapat menciptakan lapangan pekerjaan seluas-luasnya. Karena itu, maksimalkan. digitalisasi, interaksi dan komunikasi, tutur Sandiaga.

Sebagai informasi, Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI 2024) merupakan program pengembangan ekonomi kreatif melalui peningkatan kapasitas dan pameran kepada para pelaku ekonomi.

Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2024 siap menjadi wadah bagi pelaku ekonomi kreatif untuk masuk ke dalam ekosistem, membangun jejaring dan database, ajang publikasi dan promosi serta memperluas pasar.

Topik Menarik