13 Menu Frozen Food Bakar yang Enak, Ada Sosis hingga Chikuwa Mirip Cumi 

13 Menu Frozen Food Bakar yang Enak, Ada Sosis hingga Chikuwa Mirip Cumi 

Travel | inews | Minggu, 24 Desember 2023 - 16:38
share

JAKARTA, iNews.id - Ada banyak menu frozen food bakar yang bisa disajikan saat hari spesial. Frozen food merupakan makanan beku yang kerap diolah menjadi masakan instan.

Biasanya, frozen food diolah dengan cara digoreng, direbus, hingga dibakar. Anda bisa mengolah dengan bumbu dan resep pilihan agar menghasilkan cita rasa lezat.

Frozen food juga bisa menjadi bahan alternatif untuk disajikan saat hari spesial seperti tahun baru, kumpul bersama keluarga, atau untuk masakan di rumah. Kali ini, jika ingin menyajikan frozen food di hari spesial, Anda bisa mengolah dengan cara dibakar.

Bumbu yang digunakan untuk membuat frozen food bakar juga sederhana, seperti saus, barbeque, kecap, atau lada hitam, bisa disesuaikan selera.

Penasaran, ingin tahu apa saja ide frozen food bakar yang bisa disajikan di hari spesial? Berikut ulasannya dirangkum pada Minggu (24/12/2023).

13 Menu Frozen Food Bakar

1. Sosis

Frozen food pertama ada sosis. Sosis adalah salah satu jenis makanan beku yang terbuat dari daging ayam atau sapi yang dihaluskan dan dicampur dengan bahan lain seperti tepung, garam, gula, dan bumbu-bumbu lainnya. Sosis biasanya digoreng atau dipanggang sebelum dihidangkan.

Sosis sangat populer dan bisa dijumpai hampir semua restoran cepat saji, warung makan, dan supermarket. Sosis juga sering dijadikan sebagai bahan dalam sandwich atau hot dog. Sosis beku sangat praktis dan mudah disimpan dalam waktu yang lama, sehingga banyak orang memilih membeli sosis beku untuk disimpan di rumah. Sosis beku dapat diolah dengan berbagai cara, seperti digoreng, dipanggang, atau dimasak dalam berbagai resep seperti sup atau tumis.

2. Nugget

Nugget merupakan salah satu jenis makanan beku yang banyak diminati konsumen. Nugget biasanya terbuat dari daging ayam atau sapi yang dihaluskan dan dicampur dengan tepung roti, rempah-rempah, dan bahan lainnya kemudian digoreng.

Nugget populer di kalangan anak-anak dan juga bisa menjadi pilihan makanan yang praktis dan cepat dalam keseharian. Selain itu, nugget juga bisa menjadi alternatif protein yang sehat jika diolah dengan bahan-bahan yang baik dan berkualitas.

Bagi yang ingin menjual nugget sebagai bisnis, penting untuk memperhatikan kualitas bahan baku, proses pembuatan yang higienis, serta mengembangkan variasi rasa dan tampilan yang menarik untuk menarik minat konsumen.

3. Bakso

Bakso adalah makanan Indonesia yang terbuat dari daging sapi atau ayam yang dihaluskan dan dicampur dengan tepung tapioka, bawang putih, garam, dan bahan lainnya. Bakso biasanya dihidangkan dalam kuah kaldu yang gurih dan disajikan dengan mie, bihun, tahu, atau sayuran.

Bakso juga sangat populer di Indonesia dan bisa ditemukan di hampir setiap warung makan atau pedagang kaki lima. Bakso dijual dalam bentuk makanan beku, yang sangat praktis dan mudah disimpan dalam waktu lama. Bakso beku dapat diolah dengan cara direbus atau digoreng, kemudian dihidangkan dengan kuah kaldu atau saus sambal.

4. Otak-Otak

Selanjutnya ada otak-otak. Makanan ini terbuat dari daging ikan tenggiri yang dihaluskan. Biasanya, otak-otak kerap digoreng dan rasanya gurih. Kini, Anda juga bisa membuat otak-otak bakar dan dipadukan dengan bumbu pedas manis gurih.

5. Kornet

Frozen food yang bisa menjadi pilihan lainnya ada kornet. Anda bisa memilih kornet beku yang berbentuk kotak atau panjang agar bisa dibakar. Ya, banyak produsen kornet yang memproduksi kornet khusus untuk dibakar.

6. Fish Roll

Makanan beku lainnya ada fish roll. Hidangan ini memang menjadi salah satu jenis frozen food yang bentuknya mirip dengan otak-otak. Bahan dasar pembuatan fish roll yaitu dari berbagai jenis ikan. Tapi fish roll sebenarnya bentuknya lebih besar dan rasanya beraneka ragam. Tidak seperti otak-otak yang umumnya terbuat dari ikan tenggiri.

7. Salmon Ball

Makanan beku berbentuk bola ini bisa menjadi inspirasi. Meski memiliki nama salmon, makanan beku ini bukan terbuat dari ikan salmon. Tapi soal rasa jangan diragukan lagi, salmon ball ini baik bentuk, warna dan rasanya mirip sekali dengan ikan salmon. Anda hanya menambah bumbu saos untuk menjadikan hidangan bakaran.

8. Crab Stik

Kemudian ada crab stik. Makanan beku ini menyerupai daging kepiting. Namun sebenarnya bukan dibuat dari kepiting. Rasa gurihnya memang mirip seperti daging kepiting, jadi jenis frozen food ini memang sudah menjadi primadona rasa untuk kategori sate frozen food.

9. Sayap Ayam

Kali ini, Anda juga bisa memasukkan sayap ayam sebagai daftar menu frozen food bakar. Sudah menjadi rahasia umum jika sayap adalah bagian ayam yang paling lezat. Apalagi jika bagian ini digoreng atau dibakar lalu dipadukan dengan saos sambal pasti bakal ketagihan.

10. Dumpling

Selanjutnya ada dumpling. Anda bisa memilih dumpling keju atau ayam, dua-duanya memiliki cita rasa lezat. Dumpling biasanya direbus sebagai toping bakso atau mi, kali ini Anda bisa mengolah menjadi bakaran.

11. Chikuwa

Ya, Anda bisa memilih chikuwa sebagai alternatif frozen lainnya. Umumnya, chikuwa menjadi makanan pelengkap suki atau steamboat. Memiliki bentuk menyerupai tabung dengan lubang di tengahnya. Bahan dasar makanan ini adalah ikan. Jika chikuwa dipotong menjadi irisan bulat seperti cincin, kemudian menusuknya menjadi sate, maka akan terlihat seperti sate cumi-cumi bakar.

12. Scallop

Makanan beku lezat lainnya ada scallop. Scallop terbuat dari olahan ikan yang dicampur dengan tepung dan bumbu. Bentuknya pipih dan bulat seperti koin, memiliki tekstur kenyal dan rasanya yang gurih, semakin membuatnya lebih nikmat saat dibakar.

13. Dimsum

Ya, frozen food terakhir ada dimsum. Makanan ini biasanya dikukus, namun Anda juga bisa membuat dimsum bakar. Tusuk dua atau tiga potong dimsum dan membakarnya di atas arang yang sudah dipadukan dengan saos spesial.

Itulah 13 menu frozen food bakar yang bisa jadi inspirasi Anda di hari spesial. Siapkan bumbu saus lezat, dan Anda siap membakarnya. Selamat mencoba!

Topik Menarik