5 Fakta Menarik Kota Sukabumi Mulai dari Budaya, Wisata Alam hingga Makanan Khas

5 Fakta Menarik Kota Sukabumi Mulai dari Budaya, Wisata Alam hingga Makanan Khas

Travel | BuddyKu | Rabu, 27 September 2023 - 18:03
share

SUKABUMI, iNewsSukabumi.id - Fakta menarik Kota Sukabumi yang ternyata sebagian orang belum mengetahuinya,mulai dari budaya, makanan khas hingga wisata alamnya yang sangat indah.

Memang tidak ada habisnya perbincangan mengenai berbagai tempat wisata di Sukabumi, sehingga membuat wisatawan sangat penasaran untuk segera berkunjung.

Sukabumi merupakan salah satu kota di provinsi Jawa Barat yang terkenal dengan banyaknya destinasi wisata yang menarik.

Fakta menarik kota sukabumi yang sangat memukau

1. Rumah Tahanan Bung Hatta dan Bung Syahrir

Tokoh kemerdekaan Bung Hatta dan Bung Syahrir pernah dijadikan tahanan rumah pada masa penjajahan Jepang.

Rumah tersebut dibangun pada tahun 1926 itu diberi pembatas sehingga Bung Hatta dan Sutan Syahrir tinggal dalam ruang terpisah. Rumah Tahanan Bung Hatta dan Bung Syahrir berlokasi di Jalan Bhayangkara No 156 a Kelurahan Sriwedari.

Kota Sukabumi ternyata dulunya merupakan rumah tahanan tokoh-tokoh kemerdekaan Indonesia, khususnya yaitu Bung Hatta dan Sutan Syahrir pada masa penjajahan Jepang.

2. Terkenal dengan keindahan alamnya

Kota Sukabumi terkenal dengan keindahan alamnya yang mempesona. Terdapat beberapa destinasi wisata alam yang populer antara lain Pantai Pelabuhan Ratu, Gunung Gede Pangrango, dan Curug Cikaso dan masih banyak lagi.

Apalagi kota ini dikelilingi pegunungan dan sungai sehingga menambah keindahan alamnya.

3. Ada pabrik keju yang berkualitas

Kita tahu bahwa Indonesia mempunyai 5 pabrik keju dengan kualitas terbaik di dunia, termasuk salah satunya ada di kota Sukabumi.

Tidak hanya Belanda, Indonesia juga mempunyai sejumlah pabrik keju, setidaknya ada 5 daerah di Indonesia yang memproduksi keju lokal kualitas dunia, salah satunya Sukabumi, pabrik keju ini bernama Natura ala Gouda Cheese dan berlokasi di Bukit Baros Cempaka, Kec. Kebon Pedes, Kabupaten Sukabumi.

4. Angkot Warna-Warni

Salah satu, fakta menarik kota Sukabumi adalah angkot yang tersedia dalam berbagai warna. Mulai dari warna merah, kuning, hijau, biru, putih, hitam hingga pink. Angkutan warna-warni ini mempunyai rute atau tujuan yang berbeda-beda.

Hal ini diciptakan untuk membantu masyarakat terbiasa menggunakan transportasi umum, menarik wisatawan, dan menciptakan lingkungan yang tidak terlalu tercemar.

5. Mochi khas Sukabumi


Mochi Sukabumi. (Foto : Instagram @bikaambonsundarasa)

Kota Sukabumi juga merupakan kota dengan banyak oleh-oleh, salah satu oleh-oleh khas kota Sukabumi yang terkenal adalah mochi. Mochi adalah makanan yang lembut dan manis. Oleh karena itu, ketika berkunjung ke Sukabumi, jangan lewatkan untuk mencoba kue mochi dan membelinya untuk diberikan kepada sanak saudara di kampung halaman.

Nah, itu dia fakta menarik Kota Sukabumi semoga informasi ini dapat menambah referensi anda.

Topik Menarik