Ternyata Ini Perbedaan Es krim dan Gelato

Ternyata Ini Perbedaan Es krim dan Gelato

Travel | BuddyKu | Sabtu, 20 Mei 2023 - 08:34
share

TERNYATA ini perbedaan es krim dan gelato ini salah satu makanan penutup. Kedua camilan ringan ini memiliki cita rasa manis dan lembut dengan sensasi dingin menyegarkan. Meski tampak mirip, keduanya memiliki perbedaan.

Ternyata ini perbedaan es krim dan gelato dilansir dari berbagai sumber:

1. Tekstur

Es Krim

Es krim khas Italia ini memiliki tekstur yang lebih padat daripada es krim yang sering dijumpai.

Tekstur tersebut didapatkan karena dalam pengolahannya, gelato lebih banyak menggunakan susu dan lebih sedikit krim. Lemak yang digunakan pada gelato juga relatif sedikit yakni sekitar 5-7%.

Sedangkan es krim yang umum di pasaran bisanya memiliki tektur yang lebih pulen dan juga creamy. Hal ini terjadi karena es krim menggunakan lebih banyak lemak, yakni sekitar 10%. Dalam proses pembuatannya, es krim dikocok dengan kecepatan tinggi sehingga tekturnya kurang padat.

2. Bahan

Bahan untuk membuat gelato dan es krim adalah susu dan krim. Perbedaannya terletak pada takarannya. Es krim menggunakan lebih banyak krim. Sedangkan gelato sebaliknya yakni lebih banyak susu daripada krim. Tak hanya itu saja, es krim membutuhkan kuning telur sebagai salah satu bahannya sedangkan gelato tidak.

3. Cita rasa

Bagi Anda yang pernah mencicipi es krim maupun gelato pasti sudah paham jika kedua makanan tersebut memiliki cita rasa berbeda. Gelato umumnya memiliki rasa lebih ringan daripada es krim. Hal ini terjadi karena es krim harus dibekukan dengan suhu rendah, bahkan sampai minus 20 derajat sedangkan gelato hanya 10 derajat.

Karena kandungan lemak yang lebih rendah, gelato cenderung memiliki rasa yang lebih konsentrat dan intens. Es krim, dengan kandungan lemak yang lebih tinggi, cenderung memberikan sensasi rasa yang lebih kaya dan krimi.

4. Ketahanan penyimpanan

Karena gelato disimpan dalam suhu yang lebih panas dari pada es krim, maka biasanya gelato memiliki ketahanan penyimpanan yang lebih rendah daripada es krim.

5. Kadar gula dan kalori

Dilansir dari Healthline, es krim vanila dengan berat 78 gram memiliki kadar gula 16 gram sedangkan gelato dengan berat 88 memiliki kadar gula sebanyak 17 gram.

Pada jumlah kalori, es krim memiliki kalori yang lebih banyak yakni 210 kalori. Sementara itu, gelato hanya mengandung 160 kalori.

Demikian Perbedaan Es krim dan Gelato. Meskipun ada perbedaan dalam komposisi dan tekstur, baik es krim maupun gelato merupakan hidangan penutup yang lezat dan nikmat. Preferensi pribadi dapat mempengaruhi pilihan antara keduanya.

(RIN)

Topik Menarik