Infografis 5 Negara dengan Hutan Terluas di Dunia, Nomor 2 Banyak Keanekaragaman Hayati

Infografis 5 Negara dengan Hutan Terluas di Dunia, Nomor 2 Banyak Keanekaragaman Hayati

Travel | BuddyKu | Kamis, 16 Maret 2023 - 19:19
share

JAKARTA, iNews.id - Negara-negara dengan hutan terluas di dunia menarik untuk diulas. Hutan merupakan wilayah daratan yang didominasi oleh pepohonan.


Definisi hutan, yakni, menggabungkan faktor-faktor seperti kerapatan pohon, tinggi pohon, penggunaan lahan, kedudukan hukum, dan fungsi ekologis.


Seperti yang diketahui, hutan menjadi habitat bagi hampir 80 persen tumbuhan dan hewan dunia. Hutan Amazon adalah urutan pertama hutan terbesar di dunia sehingga mendapat julukan sebagai paru-paru dunia. Sebanyak 62 persen dari total area hutan ini berada di Brazil.


Persentase hutan di dunia mencapai 31% dari luas daratan global, atau seluas 4,06 miliar hektar. Angka tersebut berdasarkan laporan dari Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO) pada 2020. Angka ini mungkin mengesankan hutan di dunia masih luas, namun nyatanya telah terjadi penurunan jumlah hutan akibat beragam hal, seperti penggundulan hutan.


Sejak 1990, penurunan jumlah hutan dunia mencapai lebih dari 80 juta hektare. Tak hanya itu, sekitar 1.400 spesies pohon dinilai terancam punah dan butuh tindakan konservasi.


Namun, keberadaan hutan tidaklah merata di seluruh dunia. Berikut negara dengan hutan terluas di dunia.


1. Rusia

2. Brasil

3. Kanada

4. Amerika Serikat (AS)

5. China

Topik Menarik