Sensasi Berjalan di Atas Jembatan Kaca Setinggi 30 Meter di Lereng Gunung Lawu

Sensasi Berjalan di Atas Jembatan Kaca Setinggi 30 Meter di Lereng Gunung Lawu

Travel | BuddyKu | Minggu, 19 Februari 2023 - 17:44
share

KARANGANYAR, iNewskaranganyar.id - Sebuah jembatan kaca dibangun di kawasan wisata Kemuning, Ngargoyoso, Karanganyar.

Wahana ini memberi kesempatan kepada wisatawan mendapatkan pengalaman menakjubkan saat berjalan melewatinya.

Kemuning Sky Hills dibangun di atas ketinggian bervariasi. Mulai 12 sampai 30 meter dari atas permukaan tanah.

Kendati baru sepanjang 34 meter dari 130 meter yang direncanakan, jembatan tersebut sudah dibuka untuk umum sejak 1 Januari 2023.

Sebagian besar pengunjung yang melintasi jembatan tersebut tampak takut untuk bergerak, namun ada pula yang memanfaatkannya untuk mengambil foto selfie.

Kemuning Sky Hills dibangun di area kebun teh dengan kontur bukit yang indah, benar-benar menguji andrenalin siapapun melintas.

Dari beningnya kaca setebal 3 senti, pengunjung bisa melihat dengan jelas hamparan kebun teh dibawahnya.

Direktur Utama The Lawu Group Parmin Sastro mengatakan tebal kaca jembatan yang diyakininya terpanjang di Jawa Tengah ini jauh lebih tebal dengan jembatan kaca yang ada di Bromo.

Di Bromo, ungkap Parmin, tebal kaca 24 ml dua lapis. Sedangkan di Jembatan kaca Kemuning Sky Hills 3 senti dan mampu menahan beban mulai 1,3 hingga 3 ton. Dan bila kondisi hujan, cukup aman.

Jembatan kaca ini mampu menampung 50 orang gantian. Durasi 15 menit maksimal. Lima menit sudah tidak kuat. Dan menggunakan sandal khusus,papar Parmin pada iNewskaranganyar.id, Minggu (19/2/2023).

Selain kaca yang kuat, Parmin pun mengatakan bila Jembatan Kaca ini juga telah didesain tidak akan bergeser bila terkena goncangan gempa dan Longsor.

Pasalnya, begitu ada pelupasan tanah didekat pondasi, maka langsung ditutup menggunakan rumput. Rumput, ungkap Parmin berfungsi untuk resapan air.

Jembatan ini juga didesain tahan gempa. Begitu juga longsor. Maka begitu ada pelupasan tanah, langsung pondasi ditutup rumput. Sehingga ada resapan. Jadi aman gempa dan longsor dibuat elastis,terangnya.

Setelah dibuka untuk umum, yaitu pada medio Februari 2023, Kemuning Sky Hills yang telah menyelesaikan pembangunan jembatan kaca tahap yang pertama sudah dikunjungi 28.000 orang.

Untuk memasuki area Kemuning sky Hills, pengunjung dapat membeli tiket masuk seharga Rp10.000. Sedangkan untuk memasuki area jembatan kaca, pengunjung dapat membeli tiket seharga Rp.20.000.

Secara bertahap Kemuning Sky Hills akan dilengkapi wahana dan fasilitas Iainnya seperti area berkemah, Luxury Glamping.

flying fox gantole, paralayang, ATV jeep, play ground arena outbond, dan wahana lainnya baik wahana rekreasi maupun ketangkasan, spot foto, dan lainnya. ***

Topik Menarik