Libur Imlek di Bandung Barat, Kunjungi Wisata Sejarah Benteng Pasir Ipis Peninggalan Belanda

Libur Imlek di Bandung Barat, Kunjungi Wisata Sejarah Benteng Pasir Ipis Peninggalan Belanda

Travel | BuddyKu | Senin, 9 Januari 2023 - 21:47
share

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA.ID - Benteng Pasir Ipis adalah salah satu tempat wisata yang terletak di Bandung Barat atau lebih tepatnya berada di kawasan Lembang.

Bandung Barat atau kawasan Lembang memang menjadi salah satu daerah favorit wisatawan untuk menghabiskan waktu liburan mereka, tak terkecuali di momen libur imlek 2023 nanti.

Terdapat banyak tempat wisata yang bisa Anda temui saat mengunjungi Bandung Barat ini, salah satunya yaitu Benteng Pasir Ipis.

Benteng Pasir Ipis merupakan salah satu situs bersejarah peninggalan bangsa Belanda yang umurnya sudah berabad-abad. Terdapat banyak benteng yang bersejarah di Indonesia seperti pada kawasan Jayagiri ini.

Bentang tersebut masi berdiri dengan tegak dengan bentuk persegi panjang yang memiliki panjang satu kilometer. Pada bagian luarnya sudah diselimuti dengan lumut hijau. Situs sejarah ini menyimpan banyak sejarah, terutama mengenai perjuangan bangsa Indonesia dalam memperjuangkan Kemerdekaan RI.

Menurut sejarah, Benteng Pasir Ipis dibangun sejak tahun 1891 yang dulunya berfungsi sebagai tempat pertahanan bagi tentara Belanda. Namun entah mengapa bangunan sejarah tersebut belum masuk kedalam benda cagar budaya.

Pembangunan benteng ini sepertinya tak main-main, karena buktinya sampai sekarang masih sangat kokoh pada bagian dalamnya. Meski sudah banyak yang tertimbun tanah atau tertutup rerumputan, namun bangunan tersebut masih saja menampilkan view mnearik.

Tempat wisata Benteng Pasir Ipis ini mempunyai luas bangunan sekitar 1 km lebih. Sayangnya, benteng ini tidak begitu terawat.

Anda yang menyukai wisata sejarah, destinasi wisata Benteng Pasir Ipis sepertinya adalah tempat yang sangat tepat untuk Anda jelajahi.

Tidak ada biaya masuk untuk bisa menjelajahi tempat wisata ini. Jadi, jika Anda bertanya berapa harga tiket masuk Benteng Pasir Ipis? Maka jawabannya adalah tidak ada.

Alamat Benteng Pasir Ipis sendiri ada di Desa Wisata Pasir Ipis, RT 05/RW 06. Kelurahan Jayagiri, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Benteng ini memang terlihat simple dan tak begitu menarik, namun memiliki nilai sejarah yang tinggi. Biasanya diadakan kegiatan, upacara, atau ritual tertentu dikawasan wisata tersebut.

Banyak yang singgah dan mengabadikan foto dengan latar belakang benteng tersebut. Jika pintar mencari sudut fotografi, pastinya hasil fotomu akan lebih keren.

Ada pula yang mampir ke lokasi setelah selesai jogging atau cycling dipagi atau sore hari. Letaknya berada didaerah bukit dengan pemandangan alam indah dan udara yang sejuk.

Walau Benteng Pasir Ipis tidak begitu populer. Ada beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan di sekitar wisata ini. Apa saja? Berikut ulasannya, dirangkum dari berbagai sumber:

1. Mengamati Sejarah Bangunan

Namanya juga wisata sejarah, tidak asyik rasanya jika Anda tidak melakukan pengamatan terhadap peninggalan Belanda ini. Meski sudah tidak terawat dengan baik, ada beberapa sisa puing-puing bangunan yang masih bisa diamati.

Wisata sejarah satu ini meski hanya tinggal puing-puingnya saja tetapi mengandung nilai sejarah yang tinggi. Seharusnya bisa masuk kedalam cagar budaya yang dilindungi.

Namun dikarenakan tak dikelola dengan baik, sehingga benteng ini kini tak terurus sama sekali. Meski begitu masih banyak wisatawan yang datang karena penasaran untuk melihat seperti apa bentuk dari benteng tersebut.

Bentang yang menjadi saksi perjuangan bangsa Indonesia ini harusnya dapat dikelola dengan baik. Agar tetap eksis dan menjadi bukti bisu dan situs sejarah yang patut diketahui oleh generasi mendatang.

2. Hunting Foto

Anda bisa mengabadikan peninggalan Belanda ini dengan kamera terbaik Anda. Ada beberapa spot foto yang unik dan bagus untuk diburu. Pemandangan alam yang mendukung menjadi latar belakang yang pas untuk dijadikan sebagai obyek berfoto.

3. Pergi ke Desa Wisata Pasir Ipis

Kurang lengkap rasanya jika sudah ke Benteng Pasir Ipis tapi tidak mengunjungi Desa Wisata Pasir Ipisnya. Situs Wisata Pasir Ipis adalah tempat yang digunakan untuk berkemah.

Orang mengunjunginya karena berbagai alasan, termasuk fotografi, kegiatan outbond, berkemah, dan banyak lagi di obyek wisata alam Bandung satu ini.

Situs Wisata Pasir menawarkan banyak fasilitas untuk mengakomodasi wisatawan termasuk gazebo, tempat makan, toilet, dll. Belum lagi beberapa wahana menyenangkan tersedia untuk digunakan semua orang, terutama anak-anak.

Topik Menarik