Jijik! Video Tikus Makan Ayam Goreng di Etalase Viral, Restoran Dapat Sanksi

Jijik! Video Tikus Makan Ayam Goreng di Etalase Viral, Restoran Dapat Sanksi

Berita Utama | BuddyKu | Senin, 26 Desember 2022 - 18:00
share

KUALA LUMPUR, iNews.id - Video seekor tikus terekam kamera tengah makan ayam goreng di tempat penyimpanan sebuah restoran di Kuala Lumpur, Malaysia viral. Akibatnya, restoran tersebut diperintahkan untuk tutup selama 14 hari.

Perintah itu datang setelah tim inspeksi kesehatan yang dikirim untuk memeriksa restoran ayam goreng di Pandan Indah pada Sabtu (24/12/2022) kecewa dengan tingkat kebersihannya.

Direktur Jenderal Kementerian Kesehatan, Tan Sri Dr Noor Hisham Abdullah mengatakan, tim penegak hukum bertindak berdasarkan video yang viral di media sosial. Dalam rekaman berdurasi 15 detik itu, seekor tikus tampak mengunyah beberapa ayam goreng yang dipajang di etalase yang juga berfungsi sebagai penghangat.

Kami memerintahkan restoran tutup selama 14 hari berdasarkan Pasal 11 Undang-Undang Pangan 1983, katanya dalam sebuah pernyataan pada Minggu (25/12/2022).

Dia menambahkan, ada enam keputusan yang telah dikeluarkan untuk restoran tersebut atas pelanggaran keamanan dan kebersihan makanan di bawah Peraturan Kebersihan Pangan 2009.

Dr Noor Hisham mengatakan, kementerian menangani masalah kebersihan dan keamanan makanan dengan serius.

Kami mengimbau kepada masyarakat, khususnya pembeli dan pemilik usaha untuk ikut bertanggung jawab dalam menjaga keamanan pangan agar terhindar dari keracunan dan penyakit dari makanan, imbuhnya.

Topik Menarik