Fakta Sejarah Menara Saidah, Gedung Mewah yang Berhantu

Fakta Sejarah Menara Saidah, Gedung Mewah yang Berhantu

Travel | BuddyKu | Kamis, 22 Desember 2022 - 10:13
share

IDXChannel Fakta sejarah menara Saidah yang menarik untuk dibahas. Bagi Anda yang selalu melewati Jl. MT Haryono, Jakarta Selatan pasti selalu melihat menara Saidah.

Konon menurut warga sekitar menara Saidah merupakan gedung kosong yang disebut mengalami kemiringan dan memiliki sejumlah cerita horor. Menara ini sudah kosong selama bertahun-tahun, ditambah dengan bentuk bangunan yang terkesan horor.

Lalu bagaimana dengan fakta sejarah menara Saidah? Simak penjelasan yang dihimpun kami dari berbagai sumber.

Tentang Menara Saidah

1. Tinggi Menara Saidah

Dikabarkan berdasarkan beberapa sumber, Menara Saidah diketahui memiliki 28 lantai.

2. Pemilik Menara Saidah

Awalnya Menara Saidah dibangun oleh kontraktor PT Hutama Karya selama tiga tahun yaitu 1995-1998. Saat itu masih bernama Gracindo dan dimiliki oleh PT Mustika Ratu.

Pada tahun 1995, Menara Saidah dilelang dan dimenangkan oleh keluarga Saidah untuk diserahkan kepada anak kelima Nyonya Saidah, Fajri Setiawan. Menara Saidah pun di renovasi yang awalnya 18 lantai menjadi 28 lantai.

Nama Menara Saidah merupakan pengambilan dari nama pemiliknya yaitu Saidah Abu Bakar Ibrahim.

3. Fungsi Menara Saidah

Dahulu Menara Saidah sering digunakan sebagai kantor sewaan dari beberapa instansi, salah satunya adalah Kementerian Pembangunan Wilayah Timur Indonesia atau yang sekarang menjadi Kementerian Pembangunan Daerah Terpencil (PDT).

Penyebab Menara Saidah Miring

Fakta Sejarah Menara Saidah, Gedung Mewah yang Berhantu. (FOTO: MNC Media)

Banyak isu yang beredar di masyarakat yang beranggapan bahwa Menara Saidah miring. Namun tanggapan ini langsung dikonfirmasi oleh Pemda DKI yang membantah soal anggapan gedung Menara Saidah miring.

Kepala Dinas Penertiban dan Pengawasan Bangunan (P2B) DKI Jakarta, Putu Ngurah Indiana, mengatakan tidak adanya laporan cacat konstruksi di gedung Menara Saidah. Sebab, Suku Dinas Jakarta Selatan sudah melakukan kajian terhadap Menara Saidah dan tidak menemukan kegagalan konstruksi.

Fakta-Fakta Menara Saidah

Meski saat ini Menara Saidah sudah tidak digunakan lagi. Namun ada beberapa fakta menarik yang patut Anda ketahui, diantaranya:

Itulah penjelasan mengenai Sejarah Menara Saidah yang menarik dibahas. Semoga informasi ini berguna bagi Anda dan menambah wawasan Anda.

Topik Menarik