Asal Usul Ternate Disebut Kota Rempah, Begini Ceritanya

Asal Usul Ternate Disebut Kota Rempah, Begini Ceritanya

Travel | BuddyKu | Kamis, 15 Desember 2022 - 09:44
share

TERNATE merupakan salah satu daerah Indonesia yang terletak di wilayah Maluku Utara. Daerah tersebut menjadi salah satu penghasil cengkih utama di Indonesia.

Beberapa daerah lain yang menjadi penghasil cengkih di wilayah Maluku Utara di antaranya adalah Ternate, Tidore, Moti, Makian, dan Bacan.

Selain menjadi penghasil cengkih, Ternate juga merupakan penghasil rempah pala. Hal tersebut yang menjadi sebuah alasan bahwa Maluku Utara dijuluki sebagai Kota Rempah (The Spicy Island).

Maluku Utara berhak mendapatkan julukan tersebut, karena merupakan penghasil rempah-rempah terbesar di Indonesia.

Jlaur Rempah Ternate-Tidore

(Foto: Ist)

Selain itu, kota ini merupakan kota dagang yang ramai pada masa lampau. Di dalamnya memiliki berbagai peninggalan bersejarah yang berkaitan dengan perdagangan rempah. Mulai dari bangunan, kesenian, budaya, hingga kuliner yang beberapa di antaranya telah ditetapkan sebagai cagar budaya.

Cagar budaya sendiri tergolong dalam lima jenis yang di antaranya yaitu, benda, bangunan, struktur, situs atau lokasi, dan satuan ruang geografis.

Selain itu, pada kriteria cagar budaya berusia sekitar setengah abad bahkan lebih, memiliki arti khusus bagi sejarah, ilmu pengetahuan, pendidikan, kebudayaan, dan nilai penting bagi penguatan kepribadian atau jati diri bangsa.

Staf Khusus Menteri Hukum dan HAM Bidang Media dan Komunikasi, Milton Hasibuan mengungkapkan bahwa Maluku Utara memiliki potensi besar untuk dapat mendorong Kekayaan Intelektual Komunal (KIK) menjadi bernilai strategis.

Maluku Utara telah memiliki data KIK dengan persebaran merata yang dimulai dari KIK Ekspresi Budaya Tradisional, Sumber Daya Genetik, Pengetahuan Tradisional, dan Potensi Indikasi Geografis.

Ternate

(Foto: Instagram/@bamsoeg74)

Hal tersebut menunjukkan bahwa Maluku Utara adalah wilayah Nusantara pertama yang diminati bangsa kolonial karena kekayaan alamnya.

Salah satu warisan pada jalur rempah di Ternate adalah Kedaton Ternate. Bangunan tersebut menjadi salah satu bangunan megah yang di dalamnya tersimpan berbagai peninggalan Kesultanan Ternate.

Nah, itulah tadi alasan mengapa Ternate disebut sebagai Kota Rempah. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda ya Okezoners!.

Topik Menarik